Senin 02 Dec 2013 01:41 WIB

DNPI: Dampak Perubahan Iklim Kian Mengkhawatirkan

Antisipasi perubahan iklim
Foto: ILS
Antisipasi perubahan iklim

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dewan Nasional Perubahan Iklim (DNPI) menyatakan bahwa dampak yang terjadi akibat perubahan iklim kian mengkhawatirkan sehingga perlu upaya bersama untuk melakukan langkah antisipasi.

"Perubahan iklim adalah fenomena yang dialami di mana salah satunya terjadi pemanasan bumi dan iklim berubah menjadi buruk," kata Ketua Umum DNPI Rachmat Witoelar di Jakarta, Ahad (1/12).

Dia juga mengatakan masalah perubahan iklim terkait erat dengan masa depan."Ini menyangkut nasib bumi di masa mendatang, sehingga generasi mendatang harus dibekali sejak dini mengenai masalah perubahan iklim," katanya.

Karena itu, DNPI mengingatkan masyarakat khususnya generasi penerus tentang perubahan iklim yang semakin mengkhawatirkan melalui film dokumenter bertajuk "Setelah Hujan Datang".

"Film ini berisikan potret permasalahan dan solusi perubahan iklim khususnya masalah air," katanya.

DNPI menjelaskan film tersebut bercerita mengenai berbagai hal yang terkait perubahan iklim, di antaranya petani dan nelayan di Serang, Banten yang terkena imbas perubahan iklim.

Perubahan iklim membuat hasil tani dan hasil tambak terganggu namun akhirnya berupaya melakukan langkah antisipasi salah satunya menanam bakau atau mangrove. Menurut Rachmat, masyarakat dapat melakukan upaya adaptasi perubahan iklim.

Baginya, masyarakat adalah pahlawan dalam menghadapi dampak perubahan iklim. Selain di Serang, Banten, film tersebut juga mengambil latar belakang wilayah Nusa Tenggara Barat dan Jakarta.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement