Jumat 29 Nov 2013 18:26 WIB

Anak Singa Afrika Lahir di Bonbin Riau

Singa Afrika
Foto: AP/KFSN-TV
Singa Afrika

REPUBLIKA.CO.ID, PEKANBARU -- Seekor anak Singa Afrika (panthera leo) lahir dengan selamat di Kebun Binatang Kasang Kulim, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau, pada 24 November lalu.

Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Provinsi Riau, Kemal Amas, kepada Antara di Pekanbaru, Jumat, mengatakan anak singa tersebut adalah satu-satunya yang selamat dalam proses kelahiran dari induk betina yang bernama Erna.

"Induk singa sebenarnya melahirkan tiga anak dengan jarak tiga jam tiap kelahiran. Namun, hanya seekor singa yang selamat sampai sekarang," kata Kemal.

Kelahiran anak singa Afrika ini adalah yang pertama kali terjadi di Riau. Bayi singa itu merupakan hasil perkawinan induk jantan bernama Simba (15) dan betina bernama Erna (14).

Simba merupakan singa yang didatangkan dari kebun binatang di Surabaya. Sedangkan, sang betina dari kebun binatang di Siantar, Sumatera Utara.

"Singa kedua yang lahir mati karena terinjak oleh induknya sendiri. Sedangkan, singa yang terakhir mati karena lahir dalam kondisi prematur," ujarnya.

Ia mengatakan pihaknya akan terus memonitor dan memberi asistensi untuk perkembangan anak singa itu karena Kebun Binatang Kasang Kulim merupakan binaan dari BBKSDA Riau.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement