Senin 13 Feb 2023 14:25 WIB

Ini Penyebab Singa Taman Safari Duel Hingga Tabrak Mobil

Dua ekor singa bernama Debo dan Frans ini sedang menunjukkan siapa yang paling kuat

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Esthi Maharani
Pengelola Taman Safari Prigen menjelaskan, dua ekor singa bernama Debo dan Frans ini, rupanya sedang menunjukkan siapa singa yang lebih kuat atau mendominasi (alpha male) dalam satu kelompok (pride).
Foto: Antara/Syifa Yulinnas
Pengelola Taman Safari Prigen menjelaskan, dua ekor singa bernama Debo dan Frans ini, rupanya sedang menunjukkan siapa singa yang lebih kuat atau mendominasi (alpha male) dalam satu kelompok (pride).

REPUBLIKA.CO.ID, PASURUAN -- Dua ekor singa Taman Safari Prigen Indonesia duel hingga menabrak mobil pengunjung, viral di media sosial. Pengelola Taman Safari Prigen menjelaskan, dua ekor singa bernama Debo dan Frans ini, rupanya sedang menunjukkan siapa singa yang lebih kuat atau mendominasi (alpha male) dalam satu kelompok (pride).

Pengelola Taman Safari Prigen mengungkapkan, saat ini kedua singa dalam kondisi yang sehat. Namun keduanya tetap mendapat observasi lanjutan untuk memastikan satwa-satwa ini dalam kondisi yang benar-benar baik.

“Untuk pengunjung yang menjadi korban kejadian tersebut pun juga dalam kondisi yang sehat dan tidak ada cedera,” ujar Pengelola Taman Safari Prigen dalam keterangan tertulis yang diterima Republika, Senin (13/2/2023).

Pengelola Taman Safari Prigen menjelaskan, peristiwa ini terjadi pada 22 Januari 2023. Hal ini bermula pada saat ada betina yang masuk siklus siap kawinnya.

“Sehingga menyebabkan kedua pejantan singa berusaha menunjukan siapa jantan di antara mereka, hingga kemudian menabraklah ke mobil pengunjung yang menyebabkan kaca sein sebelah kiri pecah,” jelas pihak pengelola.

Saat kejadian, lanjut Pengelola Taman Safari Prigen, para singa memang sedang menunjukkan kebiasaan alami mereka dengan saling menunjukkan kekuatan. Dalam kelompok singa terdapat delapan ekor betina, dimana salah satunya tengah memasuki masa kawin atau siklus birahi.

Dalam kelompok singa, hanya ada satu jantan yang menjadi dominan sehingga saat ada betina yang memasuki masa kawin, maka singa-singa ini akan menunjukkan siapa yang lebih kuat di antara mereka. Pengelola Taman Safari Prigen mengatakan, hal inilah yang terjadi dalam video.

Debo si jantan dominan mengusir Frans yang hendak mendekati betina, hingga terjadilah perkelahian dan kejar mengejar. Pengelola Taman Safari Prigen menuturkan, ranger atau keeper singa pun sempat mencoba untuk melerai perkelahian tersebut. Karena kalah, Frans pun mundur dari kejaran Debo dan berlari ke arah tempat yang lebih aman, yaitu di arah seberang mereka.

“Di saat bersamaan, terdapat antrian kendaraan di lokasi ekshibit singa tersebut, sehingga terjadilah singa Frans menabrak sebuah mobil berwarna merah. Akibat kejadian ini, mobil tersebut mengalami pecah sein sebelah kiri,” jelas pengelola.

Pengelola Taman Safari Prigen menegaskan, satwa tentu masih miliki sifat alamiah mereka. Oleh karena itu, Taman Safari Indonesia mengimbau para pengunjung untuk menaati aturan dan mengikuti arahan petugas.

“Pengunjung pun tak perlu khawatir karena setiap tiket masuk Taman Safari Indonesia II Jatim sudah termasuk asuransi bagi pengunjung maupun kendaraan. Namun, jika kerusakan kendaraan terjadi karena disengaja ataupun ulah pengunjung sendiri, maka asuransi tidak bisa diklaim,” ujar Pengelola Taman Safari Prigen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement