Selasa 19 Nov 2013 09:27 WIB

Wali Kota Wacanakan Agrowisata di Bangkingan

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Damanhuri Zuhri
buah semangka
buah semangka

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Walikota Surabaya, Jawa Timur (Jatim) Tri Rismaharini mewacanakan Surabaya akan memiliki kawasan wisata pertanian (agrowisata) di Bangkingan, Surabaya sama seperti yang ada di Kota Batu, Jatim.

''Ada wacana dari warga di sini yang menghendaki seperti itu, mudah-mudahan bisa terwujud. Saya yakin warga di sini bisa kompak untuk mewujudkan rencana itu,'' katanya saat panen semangka di Bangkingan, Senin (18/11).

Dia mendukung wacana tersebut. Sebab, jika agrowisata di Bangkingan bisa terwujud, yang tumbuh bukan hanya sektor pertanian. Juga sektor UKM dan parkir.

''Yang penting komitmen untuk bekerja dan tidak pernah mengeluh. Saya yakin kita bisa kalau kita punya niat,'' tuturnya menjelaskan.

Padahal, kata Risma, dulunya warga Bangkingan merasa tanahnya tidak subur dan tidak bisa ditanami meskipun luas. Apalagi, ketika musim kemarau, sempat kekurangan air.

Namun dengan sedikit peran teknologi dan bantuan Dinas Pertanian, serta memotivasi warga, sekarang, tanahnya menjadi produktif. ''Tuhan itu kan menciptakan sesuatu tidak ada yang sia-sia,'' ucapnya.

Kepala Dinas Pertanian Kota Surabaya Sigit Sugiharsono mengatakan, selain semangka, areal sawah seluas satu hektar tersebut juga ditanami tomat.

Termasuk juga kolam untuk ternak ikan mas dan ikan nila. Ke depan, Sigit menyebut akan memperluas areal sawah yang akan ditanami. ''Kita beri bibit tomat dan bisa dikembangkan lebih luas lagi,'' ujarnya.

Ketua Kelompok Tani Bangkingan Maju Jaya, Mujiono berharap di Bangkingan ada semacam wisata pertanian, sehingga ada area untuk pembibitan, panen dan peternakan ikan. ''Tetapi itu masih wacana. Kita akan konsultasikan dengan dinas,? ucapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement