Senin 18 Nov 2013 23:19 WIB

Tim Medis Muhammadiyah Berangkat ke Filipina Malam Ini

Rep: Ani Nursalikah/ Red: A.Syalaby Ichsan
Ketua Umum PP Muhammadiyah Prof Din Syamsuddin
Foto: ist
Ketua Umum PP Muhammadiyah Prof Din Syamsuddin

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tim Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) diberangkatkan ke Filipina malam ini untuk membantu para korban keganasan Topan Haiyan.

Mereka berangkat secara bertahap mulai 18 November hingga 2 Desember. Tim medis ini beranggotakan 10 orang yang terdiri dari dokter dan perawat. Mereka membawa berbagai perlengkapan rumah sakit lapangan dan obat-obatan. 

Tahap ke-dua akan berangkat pada 30 November-14 Desember. Tidak menutup kemungkinan akan dikirim tim tambahan, tergantung situasi dan kondisi. 

"Ini merupakan wujud solidaritas dan simpati Muhammadiyah kepada rakyat Filipina. Kita membantu tidak melihat agama mereka karena agama sejatinya dari Allah," ujar Ketua Umum Pengurus Pusat Muhammadiyah Din Syamsuddin saat melepas rombongan, Senin (18/11). 

Tim ini rencananya akan dipimpin Corona Rintawan dari LPB Muhammadiyah. Sebanyak sembilan dokter lainnya berasal dari berbagai rumah sakit Muhammadiyah dengan spesialisasi dokter umum, spesialis anestesi, spesialis emergency, perawat anggota Disaster Medic Committee dan dua orang anggota safety officer atau SAR. 

Tim medis Muhammadiyah tersebut sudah memiliki pengalaman dalam kondisi darurat medis, penanganan korban massal, dan rumah sakit lapangan di berbagai lokasi bencana, seperti saat tsunami Aceh, gempa Yogyakarta, gempa Sumbar, erupsi merapi, banjir Jakarta dan Palestina. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement