Selasa 19 Nov 2013 01:03 WIB

Nasib Dokter yang Dituding Malapraktik

Operasi caesar.
Foto: asiahealthcareblog.com
Operasi caesar.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Zaenal Abidin mengaku prihatin dengan kasus yang menimpa sejumlah dokter kandungan di Manado. "Saya yakin mereka tidak salah, karena sudah melakukan upaya maksimal menyelamatkan pasien," ujar Zaenal.

Kasus tersebut bermula dari ditahannya dr Dewa Ayu Sasiary Prawani SpOG oleh Kejaksaan Tinggi Sulawesi Utara sejak 8 November lalu. Dokter Dewa Ayu Sasiary Prawani bersama dua rekannya dr Hendry Simanjuntak dan dr Hendy Siagian diduga melakukan kegiatan malapraktik. Ketiga dokter spesialis kandungan tersebut terpidana dalam kasus dugaan malapraktik terhadap korban Julia Fransiska Makatey (25) pada 2010.

Para dokter melakukan tindakan Sectio Caesaria Sito karena riwayat gawat janin, setelah sebelumnya Julia dirujuk dari puskesmas. Beberapa hari setelah dilakukan operasi, Julia meninggal dunia akibat masuknya angin ke jantung atau emboli udara.

Dokter Dewa Ayu dijebloskan ke tahanan berdasarkan putusan yang telah berkekuatan hukum tetap oleh Mahkamah Agung, Nomor 365.K/Pid/2012 tertanggal 18 September 2012. Dia menambahkan beberapa hal yang menyebabkan tindakan operasi dilakukan adalah karena ada riwayat janin."Kami akan berjuang melepaskan mereka dari jerat hukum."

 

Zaenal juga melanjutkan pihaknya akan menyelesaikan permasalahan tersebut, karena dapat merugikan profesi kesehatan. "Jika dibiarkan, tidak ada lagi dokter yang mau menangani kasus darurat yang potensi keselamatannya kecil." Selain itu juga, lanjut dia, merugikan masyarakat. IDI juga telah meminta para dokter untuk tidak melakukan tindakan mogok kerja karena kasus tersebut.

sumber : Antara
Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement