Senin 18 Nov 2013 09:49 WIB

Merapi Semburkan Asap hingga 2 KM

Gunung Merapi, Sleman, Yogyakarta
Foto: Antara/ Wahyu Putro
Gunung Merapi, Sleman, Yogyakarta

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Gunung Merapi di perbatasan Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah, Senin pagi tadi mengalami erupsi kecil. Merapi menyemburkan asap tebal hingga 2 kilometer.

"Terjadi hembusan dari Gunung Merapi yang mengeluarkan asap tebal disertai abu vulkanik hingga ketinggian 2.000 meter pada hari Senin sekitar pukul 04.50 hingga 06.00 WIB," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, dalam siaran pers.

Menurut dia, hembusan disertai suara gemuruh. "Letusan ini dipicu gempa tektonik lokal di bawah tubuh Gunung Merapi," katanya.

Ia mengatakan, sebelumnya, tidak ada peningkatan aktivitas Gunung Merapi. "Tipe letusannya adalah letusan freatik. Kejadian ini mirip dengan letusan pada tanggal 22 Juli 2013 yang tiba-tiba meletus pada pagi hari," katanya.

Letusan hari ini lebih besar daripada 22 Juli. Namun, saat ini status masih normal aktif (level I). "Saat ini aktivitas gunung pulih kembali. Sedang dilakukan evaluasi di BBPTKG Yogyakarta," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement