Ahad 17 Nov 2013 17:08 WIB

Mulai 2014, Warga Depok Dapat Layanan Wifi Gratis

Rep: Hannan Putra/ Red: Nidia Zuraya
Gerbang Kota Depok, Jawa Barat.
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Gerbang Kota Depok, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, MARGONDA -- Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Pemkot Depok segera akan merampungkan program wifi gratis yang dicanangkannya. Program unggulan tersebut ditargetkan bisa rampung menjelang 1 Januari 2014 mendatang.

Kepala Diskominfo, Yulistiani Mochtar mengatakan, wifi gratis tersebut akan ada di sepanjang jalan Margonda Raya, kantor Bimasda, dan Jalan Gurame Depok. “Saat ini sudah ada 11 titik hotspot yang telah terpadasang. Nanti akan ditambah lagi 63 titik. Jadi disepanjang Jalan Margonda masyarakat bisa mengakses wifi gratis," paparnya baru-baru ini.

Program wifi gratis tersebut memang merupakan program dari Diskominfo sendiri untuk menjadikan warganya berintelektual dan melek teknologi. Yulis mengatakan, saat ini sudah ada di beberapa kelurahan yang menyediakan layanan wifi gratis kepada warganya. Penyedia bahkan berasal dari warga sendiri.

Layanan Wifi yang disediakan Diskominfo bisa diakses hingga 100 meter dari pusat pemancarnya. Yulis melalui petugasnya telah menginstruksikan agar pemancar hotspot tersebut dipasang di tempat-tempat strategis yang tidak terhalang oleh bangunan atau pohon, jadi jangkauannya bisa lebih luas.

“Hotspot ini untuk masyarakat. Selain itu, hotspot ini juga nantinya bisa digunakan untuk mendukung program-program yang berhubungan dengan masyarakat seperti Kelompok Informasi Masyarakat (KIM),” tambahnya.

Salah satu forum di Internet (Kaskus) pernah menempatkan Depok sebagai kota terbanyak yang mengakses layanannya. Gaya hidup anak muda di Depok sudah didominasi oleh mereka yang 'doyan' berselancar di dunia maya. Menurut survei salah satu forum di Internet (Kaskus) Jual beli online yang paling berkembangpun ditempati Depok pada posisi nomor dua se-Indonesia, setelah Yogyakarta.

Diskominfo tampaknya memanfaatkan peluang tersebut dengan mendukung minat para generasi muda Depok. Kedepannya, Yulis berharap, selain mengakses berita, warga depok juga bisa mengabarkan kejadian yang mereka lihat di portal berita Depok.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement