Sabtu 16 Nov 2013 18:40 WIB

Keris Dibahas di Milan

Keris
Keris

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Keris, warisan budaya dunia dari Indonesia menjadi topik bahasan hangat lebih dari 70 kolektor dan pecinta seni dalam sebuah seminar di Museum Seni dan Ilmu Pengetahuan Milan, Italia.

Seminar yang bertema Tidak Hanya Sekedar Senjata: Sekala, Dunia Nyata Keris menghadirkan dua kolektor kondang di Italia sebagai pembicara. Yaitu Dr Sandro Forgiarini dan Dr Marco Noris.

Menurut Forgiarini, seorang dokter forensik, proses pembuatan keris oleh seorang empu hanya ada di Indonesia. "Keris itu unik, dan hanya ada di Indonesia," ujarnya.

Sementara Marco Noris mengulas mengenai penyebaran keris di wilayah Nusantara dan karakteristik khusus dari hulu (pegangan keris) dan warangka (sarung keris) dari tiap-tiap daerah di Indonesia.

Seminar menjadi lebih berbobot dengan hadirnya kurator dan kolektor keris ternama dari Prancis, Dr Jean Greffioz, pengarang buku Kris: The Passion of Indonesia. 

Greffioz menyatakan, keris diakui dunia meski pun pada masa sekarang pembuatannya pun masih menggunakan cara-cara yang sangat tradisional. 

Dikatakannya, bentuk dan karakteristik keris dapat menunjukkan dari daerah mana keris itu berasal.

Wakil Duta Besar Republik Indonesia di Roma, Priyo Iswanto menyampaikan, seminar tersebut merupakan bentuk kontribusi nyata bagi para pecinta untuk membangkitkan kesadaran terhadap pentingnya pelestarian keris.

Dikatakan, keris sebagai warisan budaya dunia yang berasal dari Indonesia dan warisan para empu merasa sangat terhormat dengan adanya seminar ini.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement