Ahad 10 Nov 2013 17:11 WIB

Wilayah Kepri Terkena Dampak Topan Haiyan

Topan Haiyan porak-porandakan Filipina.
Foto: AP Photo/Aaron Favila
Topan Haiyan porak-porandakan Filipina.

REPUBLIKA.CO.ID, BATAM -- Badai tropis Haiyan yang mulai memasuki Laut Cina Selatan menyebabkan pola pertemuan angin (Konvergensi) di Kepulauan Riau hingga menumbuhkan banyak awan dan wilayah itu berpotensi diguyur hujan ringan pada Ahad (10/11).

Prakirawan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Hang Nadim Batam Adhitya Prakoso memprakirakan, hujan ringan akan mengguyur sejak pagi hingga malam di beberapa wilayah Kepri, terutama Kota Batam, Bintan, Tanjungpinang, Karimun dan Lingga.

"Tingginya nilai kelembaban udara juga mendukung dalam proses pertumbuhan banyak awan sehingga cuaca diprakirakan berawan dan berpeluang terjadi hujan ringan yang terkadang disertai petir," kata dia.

Menurut Adhit, kondisi itu kondusif untuk aktivitas transportasi darat dan udara. Sedangkan transportasi laut diminta berhati-hati terhadap gelombang tinggi di Perairan Natuna dan Anambas.

Secara detil, BMKG memprakirakan cuaca Kota Batam pada Ahad (10/11) pagi hingga siang berawan hujan ringan dan malam kembali berawan. Kecepatan angin diprakirakan lima sampai 34 kilo meter per jam arah selatan.

Suhu udara di Batam antara 24 sampai 31 derajat celcius dengan kelembapan 65 sampai 96 persen. Sedangkan gelombang laut di perairan Batam diperkirakan 0,7 sampai 1,5 meter. Cuaca di Kota Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan pada Ahad (10/11) pagi dan siang berawan hujan ringan sedang malam berawan. Kecepatan angin diprakirakan lima sampai 34 kilometer per jam arah selatan.

Suhu udara Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan antara 24 sampai 31 derajat Celcius dengan kelembapan 66 sampai 95 persen, sedangkan gelombang laut di perairan Pulau Bintan diperkirakan 0,8 sampai 2 meter. Sama dengan Batam dan Bintan, Karimun pada Ahad (10/11) pagi hingga siang berawan hujan ringan dan malam berawan. Kecepatan angin mencapai lima sampai 28 kilometer per jam barat selatan.

Suhu udara di Karimun antara 24 sampai 31 derajat Celcius dengan kelembaban 64 sampai 97 persen. Sedangkan gelombang laut di perairan Karimun diperkirakan 0,5 sampai 1,3 meter. Cuaca di Lingga Ahad (10/11) pagi hingga siang berawan hujan ringan dan malam berawan. Kecepatan angin diprakirakan lima sampai 30 kilo meter per jam arah selatan. Suhu udara di Lingga antara 23 sampai 31 derajat Celcius dengan kelembaban 68 sampai 95 persen. Sedangkan gelombang laut diperkirakan 0,8 sampai 2 meter. 

Kabupaten Natuna pada Ahad (10/11) pagi hingga malam berawan. Kecepatan angin diprakirakan lima sampai 35 kilo meter barat daya. Suhu udara di Natuna antara 25 sampai 32 derajat Celcius dengan kelembapan 72 sampai 96 persen. Sedangkan gelombang laut diperkirakan 1 sampai 3 meter. 

Sedangkan di Kabupaten Anambas, pada Ahad (10/11) pagi berawan hujan ringan dan siang hingga malam berawan. Kecepatan angin diprakirakan lima sampai 32 arah barat. Suhu udara Anambas antara 25 sampai 31 derajat Celcius dengan kelembapan 70 sampai 93 persen. Sedangkan gelombang diperkirakan 1 sampai 2,5 meter.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement