Ahad 10 Nov 2013 16:29 WIB

Peringati Hari Pahlawan, Polri Gelar Napak Tilas dari Sabang Hingga Merauke

Rep: Irfan Abdurrahmat/ Red: Heri Ruslan
Anggota Polri
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Anggota Polri

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Meringatan Hari Pahlawan yang jatuh pada hari ini, Polri menghelat kegiatan napak tilas dari Sabang hingga Merauke.

Dari pantauan Republika, Ahad (10/11), puluhan personel Brimob Polda Metro Jaya tampak antusias mengikuti napak tilas ini dengan berjalan kaki sejauh 132 kilometer.

Perjalanan napak tilas ini akan berlangsung selama dua hari. "Hari ini merupakan hari kedua pelaksanaan napak tilas ini. Sebelum melanjutkan pemberangkatan, rombongan mengadakan upacara menyambut Hari Pahlawan di Lapangan Polsek Cikarang Timur," ungkap tim pelaksana napak tilas Polda Metro Jaya, AKP Nugroho.

Menurutnya, kegiatan ini diharapkan dapat berjalan tanpa hambatan apa pun. Dia mengatakan, nantinya seluruh peserta akan menyelesaikan napak tilas ini di Mako Brimob Depok.

Dia menjelaskan, Brimob Polda Metro Jaya, bertindak sebagai pelaksana estafet berantai napak tilas ini. Rombongan yang ada saat ini, lanjutnya, merupakan

estafet terakhir napak tilas yang berlangsung dari Sabang hingga Merauke.

Dia menambahkan, satu satuan regu inti, berjumlah sekitar 30 personel. Ada satu satuan lagi yang bertugas sebagai pengiring.

Sementara itu, Kapolsek Cikarang Timur, Kompol Yan Tambunan, menjelaskan, pada upacara peringatan Hari Pahlawan dilakukan pelepasan 30 personel anggota Brimob Polda Metro Jaya.

Dalam rangkaian napak tilas berantai ini, sambungnya, menempuh setidaknya 80 ribu kilometer.

Peserta kali ini, lanjutnya, anggota Brimob dibagi ke dalam tiga pleton yang berjumlah sekitar 90 orang peserta.

"Napak tilas ini dimulai dari Polsek Cabang Bungin, Kabupaten Bekasi hingga berakhir di Mako Brimob Depok. Rombongan ini merupakan peserta etape kedua napak tilas berantai," jelasnya.

Dia mengatakan, selaku tuan rumah etape kedua ini, kami telah mempersiapkan dari jauh hari dan sudah mempersiapkan bersama muspida serta masyarakat setempat.

Menurut salah satu Ketua Rombongan peserta Tim I napak tilas ini, IPTU Heri Purnomo, menjelaskan, perjalanan napak tilas ini berlangsung dengan lancar.

"Perjalanan Tim napak tilas dari Polsek Kedung Waringin hingga Polsek Cikarang Timur ini alhamdulilah berjalan dengan baik dan tidak ada kendala apa pun," jelasnya.

Kegiatan ini, sambungnya, sudah berlangsung sejak 21 Agustus dan akan berakhir 14 November mendatang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement