Kamis 31 Oct 2013 17:59 WIB

DKPP, Pelabuhan Terakhir Para 'Justice Seeker'

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Djibril Muhammad
Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP)
Foto: Tahta Aidilla/Republika
Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Pelakana Tugas (Plt) Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), Nur Hidayat Sardini menyampaikan, selama lima belas bulan DKPP berdiri, pihaknya bersyukur dengan kemajuan yang telah dicapai.

"Dari awal berdirinya DKPP hingga saat ini terjadi perubahan begitu cepat. Tugas kerjanya jelas, mekanismenya jelas dan hasilnya pun jelas. Sehingga lembaga ini dipercaya oleh publik," ujar Nur Hidayat Sardini, di Jakarta, Kamis (31/10).

Mudah-mudahan, ia melanjutkan, DKPP menjadi pelabuhan terakhir bagi para justice seeker. "Fungsi utama lembaga ini adalah menjaga harkat dan martabat penyelenggara Pemilu," kata Nur Hidayat Sardini menegskan.

Anggota DKPP, Saut H Sirait menyampaikan, visi yang mesti diemban adalah menumbuhkan etika di tengah-tengah bangsa melalui penyelenggara Pemilu. Kata sederhananya adalah sadar etika, orang yang tidak lagi membutuhkan hukum.

"Artinya, begitu dirinya salah, ia menghukum sendiri. Contoh kecilnya ketika dirinya salah melanggar rambu lalu lintas, dia bilang sendiri ke petugas, 'Saya salah. Silakan saya ditilang'," tutur Saut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement