Rabu 30 Oct 2013 18:38 WIB

Wapres: Generasi Muda Sebaiknya Terjun ke Politik

Rep: Esthi Maharani/ Red: Yudha Manggala P Putra
Vice President Boediono (file photo)
Foto: Republika/Aditya Pradana Putra
Vice President Boediono (file photo)

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON – Wakil Presiden, Boediono mengatakan politik bukan sesuatu yang harus ditakuti. Justru, menurutnya, generasi muda sebaiknya terjun ke dunia politik dan ikut serta ambil bagian untuk menentukan aturan dasar kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Keikutsertaan masyarakat sebagai pemberi suara adalah salah satu bentuk turut sertanya masyarakat dalam proses politik. Saya sendiri sudah lewat, sudah bukan masanya lagi terlibat dalam politik, lebih baik kalau yang muda-muda, putra-putri terbaik bangsa yang aktif dalam politik,” kata Wapres saat berbincang dengan keluarga Kedutaan Besar Republik Indonesia dan WNI yang bermukim di London, Selasa (29/10) malam waktu setempat seperti dikutip dalam www.wapresri.go.id.

Ia memahami tak sedikit generasi muda yang memandang sebelah mata terhadap politik. Tak jarang, kebanyakan dari mereka justru enggan menjadi bagian dalam proses tersebut. Hanya saja, ia mengingatkan, jangan bersikap apatis.

“Bila semua orang bersikap apatis, bila tidak ada orang baik yang menjadi bagian dari dunia politik, maka mereka sama saja menutup akses terhadap perbaikan yang akan menentukan prestasi dari berbagai institusi lain di negeri ini, mulai dari institusi, judisial hingga berbagai institusi lain di Indoensia,” katanya. Menghadapi pemilihan umum (pemilu) dan pemilihan presiden (pilpres) di 2014, Wapres cukup optimis keduanya akan berlangsung dengan baik.

Apalagi dua pemilu sebelumnya memperlihatkan proses yang baik pula. Wapres berpendapat, pemilu dan pilpres yang berlangsung lancar akan bisa menciptakan situasi politik yang baik demi menciptakan fondasi pembangunan ekonomi.

Kondisi ini akan menghasilkan kebijakan ekonomi yang pas, antara pemerintah yang diwakili menteri-menteri di bidang perekonomian dan otoritas moneter. Wapres berada di London sejak Selasa (29/10) untuk menghadiri World Islamic Economic Forum (WIEF) ke-9.

Kehadiran Wapres pada konferensi WIEF ke-9 yang akan berlangsung pada 29-31 Oktober 2013, mewakili Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.  Ia pun akan menghadiri Open Government Partnership (OGP) Annual Summit 2013 pada Kamis (31/10) dengan sebelumnya melakukan kunjungan kehormatan kepada Perdana Menteri Inggris, David Cameron. Pada Jumat (1/11) Wapres akan bertolak kembali ke tanah air.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement