Senin 28 Oct 2013 23:16 WIB

Makna Sumpah Pemuda Bagi Erick Thohir

Rep: Muhammad Akbar Wijaya/ Red: Citra Listya Rini
Erick Thohir
Foto: Republika/Amin Madani
Erick Thohir

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemilik saham terbesar Intermilan, Erick Thohir mengatakan Sumpah Pemuda 28 Oktober menjadi bukti nyata peran serta pemuda dalam membangun kesadaran nasionalisme.

Menurutnya, 17 tahun sebelum Indonesia diproklamasikan sebagai sebuah negara, anak-anak muda sudah lebih dahulu memproklamirkan kesadaran berbangsa.

"Ketika itu anak muda Indonesia berani menyatakan persatuan atas nama Indonesia," kata Erick di acara Taruna Merah Putih Award, DPP PDI Perjuangan, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Senin (28/10).

Erick mengatakan saat ini usia muda di Indonesia berjumlah hampir 50 persen dari total penduduk. Secara statistik ekonomi, Indonesia juga terus mengalami kemajuan.

Dalam konteks itu, tidak ada alasan bagi anak muda untuk berdiam diri menghadapi persaingan ekonomi global. Anak muda harus mengambil peran di tengah peluang terbuka itu. "Anak muda Indonesia harus mengambil peran jangan hanya mengeluh," ujarnya.

Erick mengatakan pada 2014 nanti anak muda mesti memberi warna dominan di pemerintahan. Dia mencontohkan di Cina banyak menteri yang berasal dari kalangan muda. Anak-anak muda di kabinet Cina dipercaya mampu menjaga daya saing Cina di level dunia.

"Saya harap pemimpin nasional di 2014 membawa anak-anak muda di kementeriannya," katanya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement