Jumat 25 Oct 2013 16:13 WIB

Paguyuban Mobil Merah Putih Gelar Napak Tilas Sejarah

Rep: Neni Ridarireni/ Red: Hazliansyah
Yogyakarta
Foto: file.wordpress.com
Yogyakarta

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Sekitar 20 mobil dari berbagai tahun pembuatan dan tipe akan melakukan napak tilas sejarah dengan tema "Mobil Merah Putih". Napak tilas dilakukan dalam rangka Hari Sumpah Pemuda ke-85, Ahad (27/10).

"Karena Hari Sumpah Pemuda hampir terlupakan oleh generasi muda Indonesia pada khususnya. Maka pada peringatan Hari Sumpah Pemuda kali ini kami ingin mengajak generasi muda untuk mengingat kembali jasa para pahlawan pada saat itu," kata Ketua Paguyuban Mobil Merah Putih Yudhi Irwano, Jumat (25/10).

Kegiatan tersebut diselenggarakan paguyuban mobil merah putih bersama KODIM 0734/YKA yang diorganisir oleh LCM (Liga Cendekia Muda). Hal ini guna meningkatkan jiwa nasionalisme pemuda-pemudi Indonesia.

Ide yang digagas oleh Ananta Wira selaku Komandan Kodim 0734/YKA dan Yudhi Irwini ini diharapkan dapat menjadi sinergi semangat Pemuda 28 Oktober 1928 dengan Pemuda Indonesia saat ini. 

Disamping itu, Yudhi menambahkan, kegiatan ini diharapkan dapat mendorong para pemuda untuk mengenang dan menghargai jasa pahlawan.

Dimulai dengan konvoi mobil tertib lalulintas mengunjungi tempat-tempat bersejarah dengan rute, yaitu dari KODIM 0734 melewati Jalan AM Sangaji- Jalan Diponegoro-Jalan Kyai Mojo-Jalan HOS. Cokroaminoto-Jalan KHA Dahlan- Jalan Senopati- Jalan Sultan Agung-Makam Jenderal Soedirman - Taman Makam Pahlawan Kusumanegara.

Selanjutnya ditutup dengan acara tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Kusumanegara.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement