Jumat 10 Jun 2022 09:23 WIB

Forkopimda Lakukan Napak Tilas Jelang Hari Jadi ke-380 Ciamis

Napak tilas menjadi bentuk penghormatan kepada leluhur atas jasa mereka

Rep: bayu adji p/ Red: Hiru Muhammad
Bupati Ciamis melakukan ziarah ke sejumlah makam leluhur Galuh, Kamis (9/6/2022). Ziarah itu merupakan bagian dari kegiatan napak tilas jelang hari jadi ke-380 Kabupaten Ciamis.
Foto: Dok. Humas Pemkab Ciamis.
Bupati Ciamis melakukan ziarah ke sejumlah makam leluhur Galuh, Kamis (9/6/2022). Ziarah itu merupakan bagian dari kegiatan napak tilas jelang hari jadi ke-380 Kabupaten Ciamis.

REPUBLIKA.CO.ID, CIAMIS--Menjelang hari jadi le-380 Kabupaten Ciamis yang jatuh pada 12 Juni 2022, Bupati Ciamis Herdiat Sunarya beserta unsur Forkopimda melaksanakan tradisi napak tilas, dengan berziarah ke makam leluhur Galuh terdahulu, Kamis (9/6/2022). Rangkaian ziarah itu dilakukan sebagai bentuk penghormatan kepada para leluhur di daerah itu.

Herdiat mengatakan, napak tilas atau ziarah ini rutin dilaksanakan setiap tahunnya jelang peringatan hari jadi Kabupaten Ciamis. Menurut dia, kegiatan itu termasuk salah satu acara pokok rangkaian hari jadi Ciamis.

Baca Juga

“Napak tilas ini merupakan sebuah bentuk penghormatan juga penghargaan kepada para leluhur kita, atas jasa mereka yang telah memajukan, dan mengharumkan Kabupaten Ciamis, pada masa pemerintahannya,” kata dia melalui keterangan resmi, Kamis.

Ziarah rombongan Forkopimda Kabupaten Ciamis itu dengan mengunjungi makam Raden Adipati Arya Panji Jayanegara (1635-1678). Raden Adipati Arya merupakan Bupati pertama yang dimakamkan di Ciwahangan Girang, Desa Imbanagara, Kabupaten Ciamis.

Selanjutnya, ziarah kedua dilakukan ke makam Raden Tumenggung Wiradikusumah (1814-1819), yang merupakan Bupati ke-14, di makam Cigadung, Desa Imbanagara, Ciamis. Ketiga, ziarah di Makam Rd. Adipati Adikusumah (1819-1839), yang merupakan Bupati ke-15, bertempat di makam Gunung Galuh, Desa Imbanagara, Ciamis.

Selain itu, ziarah juga dilakukan ke makam Bupati ke-16 Raden Adipati Kusumahdiningrat (1839-1886), Bupati ke-17 Raden Adipati Arya Kusumah Subrata (1886-1914), dan makam leluhur Astana Gede Kawali. Setiap ziarah diawali dengan pembacaan sejarah singkat, dA bersama, dan tabur bunga.

Menurut Herdiat, pelaksanaan ziarah pada tahun ini berbeda dengan sebelumnya karena adanya pembatasan akibat pandemi covid-19. Pada tahun ini, Covid-19 di Kabupaten Ciamis mulai mereda, sehingga rangkaian menuju hari jadi Kabupaten Ciamis dapat dinikmati oleh masyarakat secara menyeluruh, termasuk pelaksanaan ziarah.

"Peringatan hari jadi ke-380 Kabupaten Ciamis, harus tetap memberi makna, dan semangat bagi kita untuk senantiasa menghargai jasa para pendahulu kita dalam melahirkan Ciamis,” kata dia.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement