Senin 21 Oct 2013 20:56 WIB

Jokowi Yakin Bisa Pakai 97 Persen APBD Tahun Ini

Rep: Halimatus Sa'diyah/ Red: Mansyur Faqih
 Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (kiri) meninjau proyek MRT usai melakukan peletakan batu pertama pembangunan Stasiun MRT di Dukuh Atas, Jakarta, Kamis (10/10).  (Republika/Yasin Habibi)
Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (kiri) meninjau proyek MRT usai melakukan peletakan batu pertama pembangunan Stasiun MRT di Dukuh Atas, Jakarta, Kamis (10/10). (Republika/Yasin Habibi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hingga kuartal IV 2013, penyerapan anggaran di Pemprov DKI masih rendah, yakni baru 44 persen. Namun, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) yakin, pada akhir tahun, penyerapan anggaran bisa mencapai target 97 persen. 

"Nanti lihat Desember. Bisa sampai 97 persen," ujar dia optimistis, Senin (21/10). 

Mantan wali kota Solo itu yakin penyerapan anggaran 2013 bisa mencapai target. Sebab, dia terus memantau pelaksanaan program di lapangan.

Menurut Jokowi, penyerapan anggaran saat ini masih rendah karena antara laporan keuangan dengan pengerjaan program di lapangan belum sejajar. Artinya, banyak program yang sudah berjalan, namun anggarannya belum diklaim.

"Kita harus ngerti lapangan dan ngerti uang. Lapangannya sudah di sini (sudah jalan), duitnya belum diambil. Nah, pencatatan itu ada di uang, 44 persen itu ada di uang," papar Jokowi. 

Alumni Universitas Gadjah Mada ini juga mengatakan, biasanya dinas baru akan mengambil uang saat akhir tahun anggaran. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement