Senin 21 Oct 2013 14:56 WIB

Papua Jadi Fokus Pengamanan 2014

Rep: Gilang Akbar Prambadi/ Red: Citra Listya Rini
Peta Papua. (Ilustrasi)
Peta Papua. (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepolisian saat ini tengah fokus merancang pola pengamanan untuk menghadapi Pesta Demokrasi tahun depan, Pemilu 2014. Korps Tri Brata mengatakan, sebelum memasuki tahun krusial itu, mereka sudah memetakan sejumlah titik yang dinilai rawan.

Aspek rentan terganggunya kemanan dari segi kondisi geografis, sosial dan karakter penduduknya menjadi pertimbangan Polri dalam menentukan daerah mana saja yang harus menjadi sorotan. Sampai saat ini, wilayah Timur Indonesia masih menjadi fokus Polri untuk tetap terjaga kondisiftasnya selama Pemilu.

“Papua, dari pengalaman Pilkada-pilkada yang diselenggarakan di sana, wilayah tersebut perlu jadi perhatian,’ ujar Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Baharkam) Polri Komjen Badrodin Haiti dalam sebuah seminar kebangsaan di Jakarta Senin (21/10).

Jenderal bintang tiga ini mengatakan, kerawanan di Papua disebabkan oleh banyak indikator. Dari mulai lokasi sulit dijangkau satu ke yang lainnya, kondisi cuaca ekstrem di beberapa tempat, dan masih adanya kelompok bersenjata menjadi momok terganggunya kondisi keamanan Papua.

“Tentunya menjadi bentuk kesiapan bagi Polri dan Polda Papua khususnya, kami fokus,” ujar dia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement