Sabtu 19 Oct 2013 12:20 WIB

Jatim Uji Coba Alat Sistem Penerimaan CPNS

Penerimaan CPNS
Foto: Antara
Penerimaan CPNS

REPUBLIKA.CO.ID,  SURABAYA--Pemerintah Provinsi Jawa Timur menggelar uji coba alat yang menerapkan sistem Computer Assisted Test (CAT). Alat itu akan digunakan untuk seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil.

"Uji coba ini sangat penting untuk mengukur kemampuan alat yang akan digunakan untuk peserta tes CPNS. Jadwalnya Senin (21/10) siang," ujar Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur, Rasiyo, Sabtu (19/10).

Sistem CAT merupakan kali pertama digunakan untuk seleksi penerimaan PNS yang akan bekerja di lingkungan Pemprov Jatim. Dengan sistem ini maka peserta tidak memerlukan alat tulis untuk mengerjakan soal karena langsung berhadapan dengan komputer.

"Tes dengan cara ini juga untuk mengukur bagaimana kemampuan teknologi informasi bagi calon PNS. Apalagi nanti skor juga langsung diketahui oleh peserta dengan menggunakan sistem ini," katanya.

Di samping itu, lanjut dia, uji coba dilakukan untuk kekuatan komputer dan menghindari error saat akan digunakan. Dijadwalkan, uji coba dilakukan di Gedung Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan (ATKP) Surabaya yang merupakan lokasi tes CPNS mendatang.

Sementara itu, Gubernur Jatim Soekarwo memastikan bahwa pemprov menambah jumlah perangkat komputer menjadi 300 unit, dari yang sebelumnya hanya 250 unit.

Ia menilai jumlah komputer kian banyak bisa semakin memaksimalkan  proses penerimaan tes CPNS tahun ini. Apalagi imbuhnya, jumlah pesertanya diperkirakan mencapai angka di atas 32 ribu orang.

"Dengan penambahan ini, tiap hari sebanyak 1.500 orang bisa mengikuti ujian. Kami yakin kali ini lebih baik dari penerimaan-penerimaan sebelumnya," kata gubernur.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement