Jumat 18 Oct 2013 13:14 WIB

Pengamat: Jokowi Tak Akan Nyapres Tanpa Restu Megawati

Jokowi dan Megawati
Foto: Antara/Haryo Setyaki
Jokowi dan Megawati

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Popularitas dan elektabilitas Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi) dalam berbagai survei calon presiden (Capres) 2014 belum ada yang menandingi. 

Namun, Board of Advisor CSIS, Jeffry Geovanie meyakini Jokowi tak akan maju sebagai Capres 2014 tanpa restu dari Ketua Umum DPP PDIP, Megawati Soekarnoputri.

"Saya tidak percaya Jokowi akan tetap maju jadi capres 2014 bila Megawati tidak mengizinkan dirinya,'' ujar Jeffry, Jumat (18/10).

Menurut dia,  kekuatan Jokowi salah satunya adalah ketaatannya kepada  Megawati. ''Hampir mustahil Jokowi akan beseberangan dengan Megawati,'' cetus Jeffry.

Saat ini, kata dia, Jokowi adalah capres paling diunggulkan . Namun, lanjut Jeffry, maju tidaknya Jokowi  jadi capres di 2014 sangat bergantung pada keputusan Megawati.

''Bukan pada keputusan Jokowi sendiri,'' ungkapnya.

Jeffry menuturkan,  perjalanan politik Megawati sudah sangat panjang. Megawati, kata dia, adalah politisi senior yang paling matang saat ini.

''Sudah pasti Megawati akan memutuskan kebijakan yang paling tepat buat masa depan PDIP dan masa depan Jokowi,'' ucapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement