Rabu 16 Oct 2013 16:36 WIB

Rumah Sakit Harjolukito Jadi Rumah Sakit Pendidikan

Rep: Heri Purwata/ Red: Djibril Muhammad
rumah sakit harjolukito
Foto: tni.aumil.id
rumah sakit harjolukito

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Rumah Sakit Pusat Angkatan Udara (RSPAU) Dr Suhardi Hardjolukito bekerjasama dengan Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada (FK UGM) dan Rumah Sakit DR Sardjito untuk menjadi rumah sakit pendidikan. Ke depan, mahasiswa-mahasiswa FK UGM akan melakukan co assistent di RSPAU. 

"Kerja sama ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas proses pelayanan kesehatan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat," kata Kepala RSPAU Dr Suhardi Hardjolukito, Marsma TNI Benny H Tumbelaka di Yogyakarta, Rabu (16/10).

Lebih lanjut Benny mengatakan kerja sama ini sekaligus membuktikan kepedulian dan kontribusi RSPAU dr Hardjolukito, FK UGM, dan RSUP DR Sardjito terhadap pendidikan tenaga medis di Indonesia.

Kerja sama ini merupakan kerjasama yang kesekian kalinya, karena hasil kredensial yang telah dilakukan sudah memenuhi syarat legalitas, sumber daya manusia yang kompeten dan profesional, mutu pelayanan

yang terakreditasi.

"Juga fasilitas baik medis maupun penunjang medis yang memenuhi standar yang telah ditetapkan Kementerian Kesehatan RI," kata Benny.

Rumah sakit, kata Benny, saat ini semakin diminati masyarakat. Namun di satu sisi, kedudukan masyarakat lebih kuat dan banyak pilihan rumah sakit yang dapat melayaninya. Sehingga masyarakat akan memilih rumah sakit yang bisa memberikan pelayanan yang memuaskannya.

Untuk bisa memberikan pelayanan prima, lanjut Benny, rumah sakit tidak bisa bekerja sendiri-sendiri. Karena itu perlu kerja sama dengan rumah sakit yang lebih bagus pelayanannya.

"Hari ini kami sangat berbahagia dapat bekerja sama dengan institusi pendidikan terbaik di Indonesia dan RSUP Sardjito, rumah sakit kedua di dunia yang diberi penghargaan untuk problem solving for better hospital," katanya menandaskan.

Bentuk kerja sama, kata Benny, tukar ilmu pengetahuan, pendidikan, pelayanan pasien, dan lain-lain. Rumah Sakit Dr S Hardjolukito merupakan salah satu rumah sakit pusat TNI yang baru saja menyandang rumah sakit pusat yang diberikan markas besar TNI, satu tahun yang lalu.

Sedang Dekan FK UGM, Teguh Aryandono mengungkapkan pelayanan terbaik di rumah sakit menjadi kunci banyaknya pasien. Kerjasama ini merupakan upaya untuk memberikan pelayanan yang prima.

Sebab, kata Teguh, tahun 2015 bakal terjadi globalisasi pelayanan kesehatan. Bila pasien tidak puas di negeri sendiri tentu mereka akan lari berobat ke luar negeri. "Kita harus bisa menjadi tuan rumah yang baik di negeri sendiri," kata Teguh.

Sementara Direktur Medik dan Keperawatan RSUP DR Sardjito, dr Sutanto Maduseno mengatakan adanya perubahan status Rumah Sakit DR Sardjito menjadi rumah sakit tipe A, jumlah pasien rawat jalan mengalami penurunan. Para pasien banyak yang berkunjung ke rumah sakit

tipe B, seperti RSPAU dr S Hardjolukito. "Dengan demikian RSUP Sardjito bukan lagi Puskesmas besar," ujarnya.

Agar bisa memberikan pelayanan yang baik, kata Sutanto, rumah sakit harus diakreditasi mulai dari pratama hingga paripurna. "Rumah sakit terakreditasi pari purna, bila dapat memberikan pelayanan yang manusiawi serta fokus pada pasien," ujatnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement