Rabu 16 Oct 2013 13:04 WIB

Kali Baru Mampat karena Dipenuhi Sampah

Rep: Riana Dwi Resky/ Red: Karta Raharja Ucu
Tumpukan sampah (ilustrasi)
Foto: thehindu.com
Tumpukan sampah (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Warga di Kelurahan Bidara Cina, Jatinegara, Jakarta Timur mengeluhkan Kali Baru yang penuh sampah.

Seorang warga RW 10 RT 05, Maulana (54 tahun) mengatakan, Kali Baru penuh sampah karena kebiasaan masyarakat yang sembarangan membuang sampah ke kali sulit dihilangkan.

''Susah kontrol warga, apalagi kalau mereka buangnya malam, kita gak tau," ujarnya pada ROL, Rabu (16/10).

Maulana berkata tidak ada penampungan sampah yang besar adalah alasan lain warga langsung membuang sampah ke kali. Akibat menumpuknya sampah, bau tidak sedap dan rawan munculnya penyakit dikeluhkan warga.

Sebenarnya, kali yang melintasi empat kelurahan, Kelurahan Rawabunga, Kelurahan Bidara Cina, Kelurahan Balimester dan Kelurahan Cipinang Cimpedak ini sempat dibersihkan. Namun satu hingga dua hari setelah dibersihkan, kali kembali dipenuhi sampah.

Wakil Ketua RW 09 Kelurahan Rawabunga, Zahruddin mengatakan, yang membuang sampah di sepanjang kali adalah warga sekitar. Padahal, pihak RW dan dinas terkait sudah terus menerus memberitahu dan mengultimatum warga agar tidak mengotori kali.

"Kita sudah memberitahu warga, kemarin juga sudah dibersihkan tapi ini kotor lagi," ujarnya.

Pantauan ROL, sampah-sampah plastik mengambang di kali yang airnya hitam. Baunya tidak sedap. Air di kali pun mampet, tidak mengalir karena dijejali sampah. Kedalaman kali pun sudah tidak begitu tinggi lagi, hanya tersisa kurang dari satu meter dasarnya sudah terlihat.

Hingga berita ini diturunkan, Sudin Kebersihan Jakarta Timur belum bisa dihubungi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement