Ahad 13 Oct 2013 07:04 WIB

Sarana Kesehatan di Sukabumi Masih Minim

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Dewi Mardiani
Layanan Rumah Sakit (ilustrasi)
Foto: Republika/Agung Fatma
Layanan Rumah Sakit (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Sarana kesehatan di Kabupaten Sukabumi masih minim. Hal ini disebabkan terbatasnya jumlah rumah sakit dan tempat tidur untuk perawatan pasien.

‘’Harusnya jumlah rumah sakit di Sukabumi ada empat,’’ kata Kepala Bidang Promosi Kesehatan (Promkes) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sukabumi, Ujang Zulkifli, Ahad (13/10).

Saat ini Sukabumi hanya memiliki tiga rumah sakit yakni RSUD Jampang Kulon, RSUD Palabuhanratu dan RSUD Sekawarwangi Kecamatan Cibadak. Rencananya, Sukabumi akan menambah satu rumah sakit di Kecamatan Sagaranten. Namun, karena terkendala dana hingga kini belum dapat dilaksanakan pembangunanya.

Selain rumah sakit, kata Ujang, sarana tempat tidur untuk perawatan juga terbatas. Saat ini jumlah tempat tidur mencapai sebanyak 600 kamar tidur.

Menurut Ujang, sesuai dengan jumlah penduduk seharusnya jumlah tempa tidur untuk perawatan mencapai sebanyak 2.400 tempat tidur. Sehingga seringkali muncul masalah pasien yang membludak tidak bisa diampung di rumah sakit.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement