Selasa 08 Oct 2013 11:30 WIB

Aceh Tunggu Izin Kemenkeu Operasikan Pelabuhan Ekspor

Mobil Siap Ekspor
Mobil Siap Ekspor

REPUBLIKA.CO.ID, BANDA ACEH -- Pemerintah Aceh menunggu turunnya surat izin dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) untuk mengoperasikan pelabuhan ekspor dan impor Krueng Geukueh di Kota Lhokseumawe. "Saat ini kita sedang menunggu turunnya izin dari Kementerian Keuangan untuk mengoperasikan pelabuhan ekspor dan impor Krueng Geukueh," kata Kepada Dinas Pehubungan, Komunikasi dan Telematika (Dishubkomintel) Aceh Said Rasul di Banda Aceh, Selasa (8/10).

Namun, ia memastikan akhir 2013 Krueng Geukueh akan beroperasi sebagai pelabuhan ekspor dan impor sebagai salah satu upaya mempercepat pertumbuhan ekonomi di provinsi ujung paling barat Indonesia itu. "Kita semua sudah berkomitmen mewujudkan percepatan pembangunan ekonomi Aceh, dan salah satunya dengan mengoperasikan Krueng Geukeuh sebagai pelabuhan ekspor dan impor," paparnya.

Said Rasul menjelaskan, kesiapan menyambut Krueng Geukeuh sebagai pelabuhan ekspor dan impor itu juga diperlukan dukungan dari berbagai pihak di Aceh terutama kalangan swasta agar lebih berperan menghidupkannya. "Harapan kita agar pihak swasta kedepan lebih berperan untuk memajukan pelabuhan Krueng Geukeuh, sehingga ekonomi wilayah akan lebih maju dan baik dimasa mendatang," ungkapnya.

Sementara Pemerintah akan menyiapkan berbagai infrastruktur pendukung untuk kelancaran operasional Kreung Geukeuh sebagai pelabuhan ekspor komoditas andalan Aceh seperti kopi, pinang, kakao dan produk pertanian serta perkebunan lainnya. Di pihak lain, Said Rasul juga menjelaskan operasionalnya pelabuhan laut Malahayati Krueng Raya Aceh Besar yang selama ini telah memberikan konstribusi kelancaran arus barang ke provinsi berpenduduk sekitar 5 juta jiwa itu.

"Malahayati sudah beroperasi sebagai pelabuhan yang memasok berbagai barang kebutuhan masyarakat ke Aceh terutama dari Pulau Jawa. Sebab, selama ini pasokan barang ke Aceh didominasi angkutan darat," kata dia. Dijelaskan, infrastruktur pendukung operasional pelabuhan Malahayati Krueng Raya terus dilengkapi dan saat ini kren juga sudah melengkapi kelancaran jasa bongkar muat kapal di pelabuhan tersebut.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement