Senin 07 Oct 2013 15:16 WIB

Kementan Pastikan Persediaan Hewan Kurban Cukup

Rep: Meiliani Fauziah/ Red: Nidia Zuraya
Hewan kurban (ilustrasi).
Foto: Antara/M Luthfi Rahman
Hewan kurban (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Pertanian menyatakan masih dapat memenuhi permintaan hewan kurban tahun ini. Jumlah hewan kurban tahun 1434 H di Propinsi Jawa Barat dan Banten mencapai 78.382 ekor sapi, 1915 ekor kerbau, 114.689 ekor kambing dan 214.711 domba.

"Jumlah hewan kurban di Jabodetabek diperkirakan akan naik antara 7-15 persen dari tahun lalu," ujar Direktur Kesehatan Masyarakat Veteriner dan Paska Panen Kementerian Pertanian (Kementan), Ahmad Junaidi di Kementan (7/10).

Ia mengatakan terjadi peningkatan jumlah pada hewan besar, yaitu sapi dan kerbau. Selain itu, terjadi pula penurunan pada hewan kecil seperti kambing dan domba.

Berdasarkan pengalaman tahun lalu, pelaksanaan kurban dinilai minimalis, apa adanya dan serba darurat. Berdasarkan pantauan dinas terkait, proses pemotongan banyak dilakukan di tempat terbuka. Padahal proses berkurban sedikitnya harus memenuhi empat persyaratan, yaitu dari aspek agama, kesehatan, keamanan dan ketahanan pangan. "Pemerintah tidak akan mampu bergerak sendiri, karena tuntutan masyarakat selalu meningkat," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement