Ahad 06 Oct 2013 10:47 WIB

Ribuan Lansia Yogya Senam Pagi Bersama

Rep: Yulianingsih / Red: Djibril Muhammad
Lansia (ilustrasi)
Foto: Antara/Ari Bowo Sucipto
Lansia (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Sekitar delapan ribuan lanjut usia (Lansia) di DI Yogyakarta mengikuti senam massal bersama di Alun-alun Selatan Kota Yogyakarta, Ahad (6/10).

Kegiatan yang bertajuk Festival Olahraga Lansia dan Pra-Lansia 2013 ini digelar Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) bekerja sama dengan Telkomsel dan Suzuki.

Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora Tunas Dwidharto yang membuka acara tersebut mengatakan, kegiatan ini merupakan rangkaian acara Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2013 yang di pusatkan di Yogyakarta.

"Luar biasa partisipasi Lansia di DIY, tidak menyangka akan mencapai lebih dari tujuh ribu peserta," ujarnya.

Menurut dia, selain senam sehat bersama kegiatan ini juga dilengkapi dengan pemeriksaan kesehatan dan pemeriksaan gula darah.

"Ini penting karena Lansia, sudah banyak keluhan gangguan kesehatan termasuk naiknya gula darah," katanya.

Diakui dia, banyak kegiatan olahraga yang digelar di Yogyakarta untuk mendukung pelaksanaan Haornas 2013.

Selain senam massal Lansia, pihaknya juga sudah menggelar event panahan tradisional yang telah memecahkan rekor museum Indonesia. Selain itu dalam waktu dekat akan digelar Indonesia ekstrem sport di Yogya.

Kegiatan ini akan digelar merata di lima kabupaten/kota di DIY.  "Ini upaya-upaya untuk tetap  mewujudkan Indonesia yang sehat dan bugar," ujarnya.

Sementara itu Ketua Persatuan Istri Karyawan Telkomsel (Periskatel), Lita Alex J Sinaga mengatakan, dukungan pihaknya atas acara tersebut karena olahraga menjadi salah satu program kerjanya.

"Kita membuka posko layanan kesehatan bagi lansia, memberikan bantuan bagi lansia produktif dan memberikan fasilitas komunikasi berupa kartu sehat sejahtera bagi para lansia," ujarnya.

Gatot Priyo Santoso, Manajer Grapari Telkomsel Yogyakarta mengatakan, kartu keluarga sehat adalah kartu perdana yang dikeluarkan Telkomsel khusus bagi Lansia. "Harganya Rp 10 ribu bisa untuk komunikasi sebulan sehingga efektif dan efisien bagi keluarga Indonesia," katanya.

Melalui upaya tersebut, pihaknya ingin memfasilitasi lansia di Indonesia tetap menjaga komunikasi dengan keluarganya dimanapun di dunia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement