Jumat 04 Oct 2013 18:44 WIB

Peremajaan Pasar Benhil Dimulai Tahun Depan

Rep: Halimatus Sa'diyah/ Red: Mansyur Faqih
Pasar Bendungan Hilir (Benhil).
Foto: IST
Pasar Bendungan Hilir (Benhil).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PD Pasar Jaya akan segera melakukan revitalisasi Pasar Bendungan Hilir, Jakarta Pusat. Rencananya, pembongkaran pasar yang memiliki luas 1,8 hektare tersebut akan segera dimulai tahun depan. 

Direktur Utama PD Pasar Jaya Djangga Lubis mengatakan, selain bangunan pasar, pertokoan yang berada di seberang Pasar Benhil juga akan direvitalisasi. Langkah pertama, PD Pasar Jaya akan membuat lahan pertokoan menjadi pasar penampungan sementara bagi 611 pedagang selama bangunan pasar utama direvitalisasi.

Jika pembangunan pasar sudah selesai, kata Djangga, pedagang bisa kembali berdagang di pasar lama. Selanjutnya, lahan bekas pertokoan akan dibangun menjadi perkantoran dan hotel dengan 40 lantai. Kemudian, pasar dan perkantoran tersebut juga akan terintegrasi.

Menurut dia, semua dana revitalisasi berasal dari swasta, yaitu PT Kurnia Jaya Realty. "Angaran untuk Pasar Benhil hampir Rp 1 triliun. Sementara pengerjaannya memakan waktu dua tahun," kata, Jumat (4/10).

Dari proyek tersebut, ujarnya, PD Pasar Jaya akan mendapatkan Rp 280 miliar yang akan dibayar bertahap selama lima tahun. Selain itu PD Pasar Jaya juga akan mendapatkan dana dari operasional pasar sebesar Rp 5 miliar untuk tahun pertama. Sementara di tahun selanjutnya, besaran dana operasional yang akan diterima disesuaikan dengan tingkat inflasi. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement