Jumat 04 Oct 2013 15:40 WIB

Peringati HUT Yogyakarta, Malioboro Ditutup Lima Jam

Rep: Yulianingsih/ Red: Fernan Rahadi
 Kawasan Malioboro Yogyakarta
Foto: Antara/Noveradika
Kawasan Malioboro Yogyakarta

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Pusat Kota Yogyakarta yaitu sepanjang Jalan Malioboro  akan ditutup total selama lima jam dari arus lalu lintas pada Ahad (6/10) mendatang. Hal ini dilakukan karena sepanjang jalan Malioboro  digunakan untuk panggung hiburan memperingati hari ulang tahun (HUT) Kota Yogyakarta ke 257 tahun ini.

Menurut Kabid Pengendalian Operasional Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta, Sugeng Sanyoto, Malioboro akan ditutup total dari pukul 19.00 hingga 24.00 WIB. "Kami sudah koordinasi beberapa kali dengan Satlantas Polresta Yogya untuk itu," ujarnya di Yogyakarta, Jumat (4/10). Penutupan jalur Malioboro ditutup jam 18.00 hingga 24.00 WIB untuk tanggal 6 Oktober 2013.

Karenanya, pihaknya berharap masyarakat yang ingin melihat panggung rakyat tersebut bisa datang ke Malioboro sebelum jam itu. Untuk menampung kendaraan pengunjung sendiri kata Sugeng, pihaknya akan memaksimalkan titik-titik parkir yang digunakan untuk parkir lebaran di kawasan Malioboro.

"Untuk menampung parkir, titik parkir lebaran difungsikan, dan di sirip-sirip jalan seperti di Jalan Pajeksan, Beskalan, Suryatmajan dan Perwakilan," katanya.

Karena penutupan tersebut, pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan PT Jogja Tugu Trans (JTT) sebagai operator bus Transjogja. Bus Transjogja yang biasa beroperasi hingga pukul 20.00 WIB di Malioboro akan menurunkan penumpang tujuan Malioboro di jalan terdekat dengan tangga portable.

Pihaknya sendiri menerjunkan 20 petugas untuk membantu 80 personil Satlantas Polresta Yogyakarta. Petugas ini akan dibantu 100 petugas dari UPT Malioboro, Dinas Ketertiban dan komunitas Malioboro.

Sementara itu Kasie Manajemen Lalulintas, Dishub Kota Yogyakarta, Ahmad Azhar Setyawibawa mengatakan, penutupan jalan Malioboro akan berdampak pada jalan-jalan di sekitarnya.  "Titik-titik di luar Malioboro akan terkena dampaknya. Ada beberapa skenario penutupan jalan sekitar Malioboro fleksibel melihat perkembangan lapangan," ujarnya.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Malioboro Yogyakarta, Syarief Teguh mengatakan, akan ada 3 titik panggung yang didirikan di sepanjang Malioboro tersebut. Panggung kesenian ini akan menampilkan beberapa seniman Yogyakarta dan komunitas seni Malioboro.

"Untuk jalur lambat Malioboro akan mulai ditutup pukul 16.00 WIB namun untuk jalur cepat memang agak malam," katanya.

Meski begitu, komunitas parkir Malioboro sepakat tidak akan menerima parkir di kawasan Malioboro mulai pukul 16.00 WIB. Selain panggung kesenian selama sebulan penuh, sepanjang Malioboro akan dipenuhi karya instalasi seni dan penjor.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement