Kamis 03 Oct 2013 15:54 WIB

11 Bandara Kelas Menengah Segera Beroperasi di Indonesia

Bandara Sultan Babullah di Ternate, Maluku Utara
Foto: Republika/Andi Nur Aminah
Bandara Sultan Babullah di Ternate, Maluku Utara

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Perhubungan akan membuka sebanyak 11 bandara menengah pada 2013 ini untuk meningkatkan potensi pariwisata di beragam daerah di Tanah Air. "Tahun ini akan dibuka 11 bandar udara menengah untuk memudahkan penerbangan," kata Wakil Menteri Perhubungan (Wamenhub) Bambang Susantono dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis (3/10).

Wamenhub memaparkan 11 bandara menengah baru tersebut antara lain Muara Bungo (Jambi), Pekon Serai (Krui, Lampung), Bawean (Jawa Timur), dan Bone (Sulawesi Selatan). Selain itu, Bandara Sumarorong (Mamasa, Sulawesi Barat), Tual Barat (Maluku), Saumlaki Baru (Maluku), Kuffar (Maluku), Waisay (Papua Barat), Kamanap (Serui, Papua) dan Waghete Baru (Papua).

Menurut dia, pembukaan bandara menengah tersebut bermanfaat untuk meningkatkan konektivitas antarkota melalui penerbangan serta merupakan langkah bagus dan dapat mendukung pertumbuhan ekonomi suatu daerah. "Hal ini mengingat Indonesia merupakan negara kepulauan di mana banyak wilayah yang masih membutuhkan waktu lama dalam pencapaiannya bila menggunakan transportasi darat," katanya.

Ia mengingatkan bahwa peran pemerintah daerah setempat juga menjadi sangat penting guna menyukseskan terwujudnya transportasi yang lebih cepat dan mudah dengan pesawat udara.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement