Rabu 02 Oct 2013 22:22 WIB

Besok, Sidang LHI Kembali Digelar

Rep: Irfan Fitrat/ Red: Mansyur Faqih
  Sidang perdana tersangka korupsi dan pencucian uang Luthfi Hasan Ishaaq di Pengadilan Tiipikor, Jakarta, Senin (24/6).   (Republika/Wihdan Hidayat)
Sidang perdana tersangka korupsi dan pencucian uang Luthfi Hasan Ishaaq di Pengadilan Tiipikor, Jakarta, Senin (24/6). (Republika/Wihdan Hidayat)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setelah sempat tertunda lebih dari satu bulan, persidangan Luthfi Hasan Ishaaq (LHI) akan kembali bergulir. Majelis hakim memutuskan mengagendakan persidangan dugaan korupsi mantan presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu pada Kamis (3/10).

"Sidang jadi dijadwalkan Kamis," kata salah satu penasihat hukum Luthfi, Mohammad Assegaf, saat dihubungi Republika, Rabu (2/10). 

Assegaf sudah mendapat konfirmasi mengenai agenda persidangan itu. Ia mengatakan, persidangan Luthfi di Pengadilan Tipikor Jakarta, rencananya akan digelar mulai pukul 09.00 WIB.

Persidangan Luthfi sempat tertunda karena penyakit wasirnya kambuh, Kamis (15/8). Saat itu, Luthfi tengah menunggu agenda persidangan. Ia bahkan harus dilarikan ke rumah sakit terdekat untuk menjalani pemeriksaan.

Majelis hakim sepakat memberikan waktu bagi Luthfi menjalani perawatan hingga sembuh. Majelis hakim pun membantarkan penahanan mantan anggota Komisi I DPR itu.

Assegaf mengatakan, Luthfi menjalani operasi untuk menyembuhkan penyakitnya. Ia kemudian menjalani perawatan sekitar 10 hari di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta. Menurut Assegaf, setelah dinyatakan sembuh, Luthfi kemudian kembali ke Rumah Tahanan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Cabang Guntur. "Dia sudah dinyatakan sehat," kata Assegaf.

Karena kondisinya sudah pulih, Luthfi kembali akan menjalani persidangan. Assegaf sudah menerima daftar saksi yang akan dihadirkan jaksa penuntut umum untuk persidangan berikutnya. Antara lain, Menteri Pertanian Suswono dan sekretarisnya, Baran Wirawan. Saksi lainnya, antara lain Achmad Rozi, Ahmad Zaky, dan Denni Adiningrat.

Luthfi menjadi terdakwa kasus dugaan korupsi permohonan penambahan kuota impor daging sapi. Sebagai penyelenggara negara, dia didakwa menerima hadiah atau janji dari PT Indoguna Utama. Dana itu senilai Rp 1,3 miliar yang diserahkan melalui Ahmad Fathanah dari keseluruhan yang dijanjikan senilai Rp 40 miliar.

Uang itu diduga agar Luthfi membantu pengurusan penambahan kuota impor daging sapi PT Indoguna. Selain didakwa melakukan tindak pidana korupsi, Luthfi juga diduga melakukan tindak pidana pencucian uang. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement