Senin 30 Sep 2013 21:28 WIB

Pemda DIY Serahkan Seperangkat Gamelan untuk Irlandia

Rep: Neni Ridarineni/ Red: Djibril Muhammad
Gamelan
Gamelan

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA - Gubernur DIY Sultan Hamengku Buwono X menyerahkan seperangkat gamelan kepada National Concert Hall  Irlandia yang diserahkan kepada Duta Besar Indonesia di Irlandia TM. Hamzah Thayeb, di Kepatihan Yogyakarta, Senin (30/9).

Menurut Thayeb, National Concert Hall Irlandia mempunyai keinginan untuk memiliki seperangkat gamelan yang lengkap. Sebab di Inggris banyak yang memiliki gamelan lengkap, kata dia yang juga Dubes Indonesia di Inggris.

"Januari 2012 saya mengajukan permohonan kepada Pemda DIY dan mendapat jawaban sekarang. Baru kali ini Irlandia mendapat bantuan seperangkat gamelan lengkap yakni dari Yogyakarta. Sedangkan di Inggris sudah ada beberapa komunitas yang mempunyai seperangkat gamelan lengkap tetapi dari Solo dan Bali," kata dia.

Bila gamelan ini sudah sampai di Irlandia,nanti  guru gamelannya orang dari Irlandia yang pernah belajar di Indonesia. Rencananya pada Oktober 2014 di Irlandia akan ada festival yan dengan merayakan 30 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Irlandia.

Dia berharap Gubernur DIY hadir pada acara festival gamelan tersebut. Sebab rencananya bantuan gamelan dari Pemda DIY akan diserahkan secara resmi pada Oktober 2014.

Sementara itu Kepala Dinas Kebudayaan DIY GBPH Yudhaningrat mengatakan seperangkat gamelan yang disumbangkan untuk Irlandia dibuat dari bahan perunggu nilainya sebesar Rp 350 juta.

Menurut pembuat gamelan Poniman, gamelan tersebut dibuat dalam waktu dua bulan dengan pekerja sekitar 100 orang. Sebelum membuat gamelan khususnya Gong Besar dia berpuasa selama tiga hari tiga makam supaya diberi kelancaran dalam pembuatan gamelan tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement