Senin 23 Sep 2013 21:30 WIB

Pengamat: SBY Jangan Plin-Plan Terhadap Pejabat Publik

Rep: Ira Sasmita/ Red: A.Syalaby Ichsan
Susilo Bambang Yudhoyono
Foto: Antara
Susilo Bambang Yudhoyono

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Semakin banyaknya pejabat negara yang terang-terangan berkosentrasi mengurus kepentingan politik menjelang Pemilu 2014 dinilai tidak terlepas dari ketidaktegasan sikap Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Sikap SBY yang plin-plan dan tidak konsisten dianggap membuat pembantunya di pemerintahan tidak gentar meski menelantarkan tugas utama mereka.

"SBY juga harus jelas, jangan plin-plan. Menteri atau pejabat negara sudah berniat mundur, lalu sikapnya bagaimana? Beliau sendiri kan pernah meminta menteri-menteri kosentrasi pada tugasnya di pemerintah," kata pengamat politik dari Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Gun Gun Heryanto, saat dihubungi, Senin (23/9).

Di sisi lain, menurut Gun Gun, pejabat publik harusnya menghromati jabatan publik yang mereka emban. Caranya dengan tidak hanya berwacana, tetapi menunjukkan langkah nyata atas mandat kekuasaan di sektor yang mereka pimpin.

Harusnya, tutur Gun Gun, pejabat yang ditunjuk SBY memperlihatkan dedikasi dan pengjormatan atas jabatan yang mereka terima. Meskipun setiap orang memiliki pilihan politik untuk mengikuti kontestasi seperti pemilihan presiden, pemilu legislatif, atau konvensi partai tertentu.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement