Sabtu 21 Sep 2013 10:21 WIB

Turis Malaysia Paling Banyak Kunjungi Bali

Pariwisata Bali (ilustrasi)
Foto: antara
Pariwisata Bali (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR---Masyarakat internasional asal Malaysia semakin ramai datang menikmati perjalanan wisata ke Bali bahkan negeri jiran itu tercatat menjadi negara di kawasan ASEAN yang terbanyak memasok turis asing ke Pulau Dewata. "Hal itu terbukti dari jumlah kunjungan turis asing asal Malaysia yang berlibur ke Bali, hampir setiap bulannya bertambah banyak," kata pengamat dan pemandu wisata daerah ini, Wayan Sudana, di Denpasar, Sabtu.

Sesuai data dari Dinas Pariwisata Bali, jumlah turis Malaysia yang datang berlibur ke Bali sebanyak 121.198 orang selama Januari-Agustus 2013 bertambah jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu tercatat 115,702 orang. Jumlah turis asing dari kawasan ASEAN selama delapan bulan I-2013 tercatat 251,815 orang, 121.198 orang di antaranya asal Malaysia, menyusul Singapura 81.028 orang sedangkan sisanya asal Thailnad dan Filipina.

Ia mengatakan, Malaysia bersama Singapura di kawasan ASEAN, tercatat masuk sepuluh negara pemasok turis asing terbanyak ke Bali, selain Australia yang menempati posisi tertinggi, kemudian asal China dan Jepang urutan ketiga.

Pergolakan politik antarnegara memengaruhi kunjungan antarmasyarakat namun semua itu tidak akan berlangsung lama, apalagi Indonesia bertetangga dengan Malaysia tidak akan berpengaruh besar dan sifatnya sementara. Wisatawan mancanegara asal Malaysia sudah semakin ramai datang menikmati perjalanan wisata ke Bali dan mereka tampaknya tidak khawatir akan peristiwa yang pernah terjadi tempo hari.

Turis asal Malaysia sudah mulai ramai kembali mendatangi objek-objek menarik yang ada di Bali, karena merasakan aman dan nyaman berada di Pulau Dewata, tutur Wayan Sudana yang pernah berprofesi sebagai pemandu wiasata. Semakin ramainya turis Malaysia ke Bali, menyebabkan peranannya mencapai 5,92 persen dari seluruh turis asing ke Bali yang terbang langsung dari negerinya mencapai 2.100.089 orang selama Januari-Agustus 2013.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement