Jumat 20 Sep 2013 14:14 WIB

PIP Biayai Perluasan RSUD Bulukumba

Rep: Aldian Wahyu Ramadhan/ Red: Nidia Zuraya
Pusat Investasi Pemerintah (PIP)
Foto: jobscdc.com
Pusat Investasi Pemerintah (PIP)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pusat Investasi Pemerintah (PIP) membiayai pengembangan RSUD Bulukumba, Sulsel. Untuk itu PIP  memberikan pinjaman Rp 83,5 miliar kepada Pemda Bulukumba. Perjanjian pemberian pinjaman untuk  RSUD Haji Andi Sulthan Daeng Radja itu ditandatangi di Bulukumba, Jumat (20/9), oleh Kepala PIP Soritaon Siregar dan Bupati Bulukumba H Zainuddin Hasan.

Soriaton mengatakan, pinjaman itu berjangka  pinjaman 5 tahun, dengan  masa tenggang (grace period)  18 bulan. Tingkat bunga 9,25 persen efektif per tahun. Saat ini RSUD tipe C itu tidak memiliki ruang rawat inap yang cukup untuk menampung pasien yang terus bertambah.

PIP telah melakukan analisis kelayakan terhadap kemampuan keuangan Kabupaten Bulukumba. Juga sudah dikaji mendalam kelaikan proyek RSUD Andi Sulthan Daeng Radja sendiri. Selain itu PIP juga mempertimbangkan aspek kebutuhan layanan kesehatan.

Soritaon berharap Pemerintah Kabupaten Bulukumba menggunakan pinjaman ini secara transparan dan akuntabel. Selanjutnya, PIP berharap dapat terus memberikan kontribusi  pembiayaan kepada Pemda-pemda. Ini merupakan salah satu bentuk manifestasi peran PIP dalam mempercepat pembangunan infrastruktur nasional, khususnya di daerah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement