Kamis 19 Sep 2013 23:29 WIB

Duh, Tiga Anak Diamankan Karena Konsumsi Narkoba

Ganja kering (Ilustrasi)
Foto: Corbis
Ganja kering (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA--Satuan Reserse Narkoba Polresta Yogyakarta terus mengembangkan penyidikan terhadap tiga anak di bawah umur yang diamankan karena mengkonsumsi narkoba.

"Tiga anak di bawah umur yang kami tangkap tersebut yakni Moy (17), Bule (17) yang kedapatan menggunakan ganja bersama dan H (17) yang tertangkap saat menggunakan sabu bersama sekelompok orang dewasa," kata Kasat Resnarkoba Polresta Yogyakarta Kompol Topo Subroto, Kamis (19/9).

Menurut dia, Moy dan Bule ditangkap di kawasan Jalan Bantul, Krapyak, sedangkan H ditangkap di Jalan Rejowinangun, Kota Yogyakarta. "Dari ketiga anak itu, satu anak di antaranya berstatus sebagai pelajar di salah satu sekolah seni di Yogyakarta dan dua lainnya hanya lulus SMP," katanya.

Ia mengatakan, polisi masih terus melakukan pendalaman penyidikan untuk mengungkap mata rantai peredaran narkoba di Kota Yogyakarta terutama yang menyasar pelajar dan anak di bawah umur.

"Hanya saja selama ini para tersangka selalu mengaku tidak kenal dengan pengedarnya dan mereka membeli melalui transfer ke nomor rekening tertentu dan kemudian mengambil barang yang telah diletakkan di tempat tertentu pula," katanya.

Direktur Reserse Narkoba Polda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Kombes Pol Andi Fairan mengatakan, modus baru kerap dilakukan lewat telepon genggam sehingga menyulitkan penyelidikan.

"Modusnya terputus. Tersangka menghubungi seseorang yang sama sekali tidak dikenal melalui telepon genggam. Jadi antara penyedia dan pengguna tidak tahu satu sama lain," katanya.

Menurut dia, modus tersebut juga tidak hanya dilakukan oleh kalangan pengedar narkoba kategori dewasa namun juga di bawah umur. "Sekarang sudah tidak memandang umur, mulai kanak-kanak hingga dewasa bisa menjadi korban atau pelaku peredaran narkoba," kata dia.

Ia mengatakan, kasus peredaran narkoba yang dilakukan oleh kalangan remaja juga saat ini banyak ditemukan di tempat-tempat karaoke sehingga perlu diwaspadai kalangan orang tua.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement