Kamis 19 Sep 2013 22:04 WIB

Jusuf Kalla Dorong Lahirnya Pengusaha Muda

Rep: Lilis Handayani/ Red: Didi Purwadi
Jusuf Kalla
Foto: Republika/Yogi Ardhi
Jusuf Kalla

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Wakil Presiden Indonesia ke-10, Jusuf Kalla, mendorong generasi muda untuk tidak ragu memulai usaha dan menciptakan lapangan pekerjaan. Dia pun meminta pemerintah untuk tidak menciptakan peraturan yang justru menghambat iklim berusaha di Indonesia.

 

‘’Generasi muda jangan ragu menjadi pengusaha. (Menjadi pengusaha) itu sunah Rasul, karena Rasul dulu juga seorang pengusaha,’’ ujar Jusuf Kalla saat menjadi pembicara dalam seminar 'Membangun Ekonomi Rakyat Melalui Wirausaha Kreatif Menuju Masyarakat Mandiri dan Sejahtera' di Kantor Bank Indonesia Cabang Cirebon, Kamis (19/9).

 

Kalla pun mengingatkan, saat memulai usaha, maka harus memiliki semangat untuk maju. Karena, semangat itulah yang akan menentukan maju tidaknya sebuah usaha.

 

Kalla mencontohkan Afrika memiliki kekayaan sumber daya alam yang berimpah, namun tidak maju. Begitu pula Indonesia yang kaya, tapi belum maju. Sedangkan, negara kecil yang miskin sumber daya alam seperti Korea dan Singapura justru menjadi bangsa yang maju.

 

‘’Itu karena mereka memiliki semangat untuk maju ditambah dengan otak yang berputar untuk mencapai kemajuan,’’ tegas Kalla.

Kalla menambahkan keberhasilan seseorang menjadi pengusaha tidak ditentukan oleh tinggi rendahnya pendidikan. Dia mencontohkan beberapa orang sukses, seperti pencipta Facebook dan Google yang tidak lulus sekolah. Namun, mereka justru bisa sukses.

 

‘’Jadi, just do it,’’ tegas Kalla.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement