Rabu 18 Sep 2013 15:29 WIB

Kapolda Jateng: Ledakan di Pospol Kaligawe Gunakan Sumbu

Bom rakitan (ilustrasi).
Foto: Blogspot.com
Bom rakitan (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,SEMARANG--Kapolda Jawa Tengah Inspektur Jenderal Pol Dwi Priyatno mengatakan ledakan yang terjadi di dekat Pos Polisi Kaligawe Semarang dinyalakan dengan sumbu dan bukan timer (pengatur waktu).

"Hari ini atau Rabu, tim Detasemen Khusus 88 dan Puslabfor Mabes Polri juga datang untuk olah tempat kejadian perkara (TKP), cek ulang. Anggota kita juga sudah melakukan penyelidikan," katanya di Semarang, Rabu.

Hal itu diungkapkan Kapolda Jateng usai menghadiri pelantikan Rektor Universitas Katolik Soegijapranata Semarang periode 2013-2017 yang kembali dijabat Prof Budi Widianarko, penjabat rektor periode sebelumnya.

Menurut Dwi, hasil penyelidikan dari tim Densus dan Labfor Mabes Polri itu nantinya akan dicocokkan dengan apa yang sudah didapatkan dari penyelidikan tim Polda Jateng untuk membantu mengungkap kasus tersebut.

Sampai saat ini, ia menjelaskan penyelidikan atas kasus ledakan itu masih berjalan sehingga belum bisa disimpulkan motifnya, termasuk keterkaitannya dengan serangkaian teror terhadap polisi belakangan ini.

"Ini kan masih jalan terus, kemungkinan habis ini nanti kita rapatkan kira-kira pelaku yang kita curigai ini apa betul yang berbuat. Ada salah satu indikasi, mungkin dia meletakkan benda yang diduga bom," katanya.

Di sisi lain, kata dia, ada gerakan kira-kira 47 detik sebelum ledakan ada orang yang diduga memasang sumbu karena benda yang diduga bom itu tidak memakai "timer", sementara pelaku yang dicurigai masih terus dicari.

"Anggota kita juga sudah melakukan penyelidikan, termasuk dugaan keterkaitan dengan sepeda motor yang dicurigai, dari pelat nomornya. Nanti Insya Allah kalau ada perkembangan akan kita beritahu," katanya.

Ia menjelaskan bahwa ledakan yang terjadi di dekat Pos Polisi Kaligawe Semarang itu termasuk kategori "low explosive" dari dampak ledakan yang tidak sampai menghancurkan posnya, melainkan hanya meretakkan kaca.

"Kalau lihat 'low explosive' bahannya untuk mercon itu, tapi karena dekat pos sehingga kacanya pecah. Tetapi, karena mungkin ada kaca filmnya jadi tidak hancur (kaca pos polisi, red.)," kata Dwi.

Sebuah ledakan keras terjadi di dekat Pos Polisi Kaligawe Semarang yang terletak di dekat pertemuan antara Jalan Kaligawe dan pintu masuk jalan tol dalam Kota Semarang, Senin (16/9) malam sekitar pukul 19.44 WIB.

Ledakan itu menyebabkan kaca pos polisi tersebut retak dan menyebabkan tembok pembatas trotoar dengan sungai yang ada di ruas jalan tersebut hancur.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement