Ahad 15 Sep 2013 11:34 WIB

Sinabung Meletus, BPBD Kirim Alat ke Karo

Gunung Sinabung
Foto: antara
Gunung Sinabung

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Sumatera Utara mengirimkan peralatan tanggap darurat ke Kabupaten Karo terkait meletusnya Gunung Sinabung.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumut Asren Nasution di Medan, Ahad, (15/9), mengatakan peralatan tersebut terdiri dari untuk dapur umum, pengangkut air bersih, armada yang mengangkut berbagai peralatan yang dibutuhkan di lokasi pengungsian. "Pukul 10.00 WIB tadi sudah diberangkatkan," katanya.

Asren mengaku turun langsung ke Karo untuk melihat perkembangan situasi terkini dan mempelajari kerusakan yang ditimbulkan letusan gunung berapi itu. Pihaknya juga ingin mengetahui kebutuhan masyarakat dan Pemkab Karo untuk menanggulangi bencana alam tersebut. "Nanti akan kami laporkan ke Gubernur dan BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana)," katanya.

Sebelumnya, Gunung Sinabung yang berada di Kabupaten Karo, meletus pada Minggu pukul 02.51 WIB. Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, letusan itu memuntahkan abu vulkanik dan beberapa batu kecil yang melanda desa-desa sekitarnya.

Letusan tersebut juga menyebabkan asap tebal yang berwarna hitam keluar dari kawah Gunung Sinabung dan memunculkan api diam di puncak kawah.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement