Selasa 10 Sep 2013 18:14 WIB

Presiden SBY Undang Tony Abbott ke Indonesia

Rep: Esthi Maharani / Red: Citra Listya Rini
Tony Abbott
Foto: EPA/Daniel Munoz
Tony Abbott

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) melakukan percakapan lewat telepon dengan Perdana Menteri (PM) Australia terpilih, Tony Abbott. SBY mengucapkan selamat kepada Abbott atas kemenangannya di Pemilu Federal Australia. 

SBY berharap Australia dan Indonesia bisa membangun dan meningkatkan kerja sama di masa depan. Dalam pembicaraannya di telepon, SBY mengundang Abbott untuk datang ke Indonesia.

"Presiden mengundang Abbott datang ke Bali dan apabila dimungkinkan ada kunjungan sebelum menghadiri KTT APEC. Dalam pertemuan nanti, apabila waktu memungkinkan, kedua kepala negara dapat membahas masalah bilateral dan juga perkembangan di kawasan," kata Staf Khusus Presiden Bidang Hubungan Internasional, Teuku Faizasyah, Selasa (10/9). 

Meski Abbott berasal dari partai nasional yang berbeda dengan kepemimpinan sebelumnya, diyakini Faiz tidak akan banyak berpengaruh kepada hubungan kedua negara. Apalagi banyak kebijakan dan fondasi kerja sama yang sudah disepakati bersama.

"Kalau pun ada perbedaan, mungkin dalam posisi gaya atau dari sisi pendekatannya saja. Tapi, dari sisi kebijakan kan sudah ada platform atau pondasi kerja sama yang sudah disepakati," ujar Faiz. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement