Kamis 05 Sep 2013 20:40 WIB

Aman Sementara Unggul di Pilkada Riau

Pemilukada Riau
Foto: Antara
Pemilukada Riau

REPUBLIKA.CO.ID,PEKANBARU--Pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur Riau nomor urut 2 Annas Maamun-Arsyadjuliandi Rachman atau Aman untuk sementara unggul dengan perolehan 29,19 persen dari 2.308.841 suara yang masuk di pemilihan gubernur (pilgub) Riau 2013.

Berdasarkan rekapitulasi suara yang dilakukan Badan Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpolinmas) Riau di Pekanbaru, Kamis, jumlah suara sah yang masuk 2.308.841 atau 57,71 persen dari jumlah daftar pemilih tetap 4.000.415 jiwa.

Dari jumlah tersebut, pasangan Aman menempati urutan teratas disusul pasangan nomor urut 1 Herman Abdullah-Agus Widayat atau HA yang memperoleh suara sebesar 22,25 persen.

Kemudian di posisi ke tiga pasangan nomor urut 4 Achmad-Masrul Kasmy atau Beramal dengan perolehan suara 20,94 persen, lalu di posisi ke empat ada pasangan Lukman Edy-Suryadi Khusasini atau Lurus memperoleh suara 13,90 persen.

Terakhir di posisi juru kunci pasangan nomor urut 5 Jon Erizal-Mambang Mit yang hanya memperoleh suara sebanyak 13,71 persen dari total suara yang sah.

Meski demikian, Kepala Badan Kesbangpolinmas Riau Rizka Utama Nasution menyebut bahwa data yang dikumpulkan dalam perhitungan pilgub Riau bukan untuk publikasi di media.

"Kita memang berkerja sama dengan seluruh Kesbang tingkat kabupaten/kota di Riau dalam melakukan rekapitulasi hitungan suara. Namun data yang kami kumpulkan itu, untuk dilaporkan ke Kemendagri dan bukan untuk publikasi di media," jelasnya.

Sejumlah data rekapitulasi yang dilakukan lembaga terkait, lanjutnya, sempat terpublikasi di media. Tapi pihaknya memastikan, bahwa informasi yang mereka kumpulkan tidak akan lagi terpublikasi di media.

Masyarakat tetap berpedoman pada hasil penghitungan suara lewat lembaga resmi yakni Komisi Pemilihan Umum Riau karena kewenangan penuh hasil penghitungan suara tetap berada di sana. "Kami tidak bertanggung jawab jika ada yang menyebut data dari Kesbangpolinmas," katanya.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Riau Tengku Edi Sably sehari sebelumnya mengatakan perolehan suara baru akan diumumkan tanggal 14 September 2013 menunggu lengkapnya suara yang masuk dari 12 kabupaten/kota di Riau.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement