Rabu 04 Sep 2013 23:32 WIB

Festival Museum 2013 Bidik Mahasiswa

Museum Kartini
Foto: Republika/Mg15
Museum Kartini

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Badan Musyawarah Museum Daerah Istimewa Yogyakarta akan menggelar Festival Museum 2013 yang berlangsung pada 8-13 Sepetember 2013 di Universitas Gadjah Mada dengan mengangkat tema "Museum Goes to Campus".

Ketua Panitia Festival Museum 2013, RM Donny S Megananda di Yogyakarta, Rabu mengatakan pelaksanaan Festival Museum tahun ini akan menekankan upaya pendekatan kepada kalangan generasi muda atau mahasiswa untuk lebih mencintai keberadan museum.

"Dengan didasarkan bahwa saat ini generasi muda terasa jauh dengan museum. Jangankan mahasiswa pelajar pun juga harus setengah dipaksa untuk berkunjung," kata Ketua II Badan Musyawarah Musea (Barahmus) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) ini.

Ia menjelaskan konsep tema "Museum Goes to Campus" merupakan konsep yang dengan sengaja melakukan unjuk kekuatan museum di sentral kampus yang akan bertempat di Universitas Gadjah Mada (UGM).

"Kalau dulu Festival ini selalu dilakukan di Malioboro, kali ini kami memang sengaja membidik tempat-tempat sentral kampus sebagai pusatnya calon intelektual muda,"katanya.

Dalam Festival yang didukung sepenuhnya oleh Dinas Kebudayaan DIY tersebut akan berlangsung pameran koleksi museum, pasar rakyat, karnaval serta berbagai hiburan kesenian lainnya.

Pameran yang akan berlangsung tidak hanya memamerkan benda-benda bersejarah yang terdapat di museum di DIY saja, melainkan rencananya akan diikuti oleh 50 museum se-Indonesia.

"Dalam Festival itu juga dapat disaksikan koleksi museum dari Medan, Sumatra Utara, Museum Al-Qur'an, Museum Kars Indonesia Wonogiri, Museum dari DKI Jakarta, Jawa Timur hingga Bali," katanya.

Sementara itu, sebagai pembukaan festival, kata dia, juga akan berlangsung karnaval museum yang akan berlangsung dari halaman Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menuju UGM pada pukul 14.00-16.30 WIB.

Karnaval itu akan mengikutsertakan iringan Marching Band UGM dan UNY, Paskibraka DIY, Bregada Ganggeng Samudro serta penampilan 40 kontingen karnaval dari berbagai museum dari mulai pukul 14.00-16.30 WIB.

"Ke-40 kontingen itu misalnya pesawat dan helikopter TNI AU, kereta kencana keraton Yogyakarta, parade senjata, mobil kuno, dan masih banyak lainnya yang akan membuat karnaval menjadi sangat megah," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement