Senin 02 Sep 2013 05:00 WIB

Begini Nih Gaya Pantun Betawi Jokowi

Jokowi lesehan bersama warga
Foto: beritajakarta.com
Jokowi lesehan bersama warga

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi) menghadiri sekaligus membuka acara Lebaran Betawi Tahun 2013 di Silang Monas Timur, Jakarta Pusat, Ahad (1/9). Kedatangan Jokowi yang menggunakan baju khas Betawi, ujung serong berwarna hitam disambut oleh tabuhan rebana serta ondel-ondel dan barongsai. Tak hanya itu, kehadiran Jokowi juga disambut ribuan warga yang memadati kawasan Monas sejak pagi tadi.  

Ada yang menarik saat Jokowi memberikan sambutan. Meski bukan warga Betawi, orang nomor satu di Jakarta itu mengawali sambutan dengan bahasa Betawi. "Beli jahe tambah merice, bikin manisan pake kapulage. Ati aye amat bahagie, rayaan Lebaran ame warga," ujar Jokowi, seperti dilansir situs beritajakarta. 

Setelah memberikan sambutan, selanjutnya dilaksanakan silaturahmi dengan para walikota dan bupati. Dimana setiap wilayahnya, memberikan hantaran khas dari masing-masing wilayah kepada Gubernur. "Saya menyambut baik Lebaran Betawi dengan tema wujudkan Jakarta Baru ini. Saya bener-bener mengharapkan dan ingin tema itu bisa dijadikan kontrak warga Jakarta untuk bareng-bareng rangkapin niat dengan pemerintah, bikin pondasi membangun perubahan Jakarta Baru," kata Jokowi.

Dikatakan Jokowi, hakikat perayaan Lebaran Betawi adalah sebuah kepatutan dan ajang komunikasi dan silaturahmi antar masyarakat Jakarta dengan keluhuran masyarakat Betawi. "Silaturahmi bukan cuma yang mudaan dateng ke yang tuaan, tapi kepada semua orang yang belum sempat bertemu lantaran kesibukan sama kerjaan masing-masing. Saya girang lantaran Lebaran Betawi mendapat sambutan hangat masyarakat Jakarta," ungkap Jokowi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement