Sabtu 31 Aug 2013 09:49 WIB

Kota Tangerang Hari Ini Memilih Wali kota

Rep: Nurhamidah/ Red: Dewi Mardiani
Pilkada (ilustrasi)
Foto: IST
Pilkada (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Kota Tangerang menggelar Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) wali kota dan wakil wali kota Tangerang, Sabtu (31/8). Jumlah Daftar Pemilih Tetap adalah 1.161.855 dengan 2.921 Tempat Pemungutan Suara (TPS) dari 104 kelurahan 13 Kecamatan. Penyelenggaraan Pemilukada diambil oleh KPUD Provinsi Banten.

Anggota Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Provinsi Banten, Syaiful Bahri, memaparkan total jumlah pemilih sesuai DPT adalah 1.161.855. Jumlah pemilih tersebut belum ditambah pemilih yang tidak terdaftar dalam DPT tapi bisa mencoblos dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP) mau Kartu Keluarga (KK).

“Ada 2.921 TPS dari 104 kelurahan. Semuanya baik logistik maupun yang lainnya sudah dipersiapkan. Semua TPS siap menggelar Pemilukada Kota Tangerang,” katanya, Sabtu.

Syaiful mengatakan, dari 1.161.855 pemilih terdiri dari 588.892 pemilih laki – laki dan 572.963 pemilih perempuan. KPUD sudah melakukan pemantauan kemarin ke sejumlah titik di kawasan Kecamatan Cipondoh dan Kecamatan Pinang. Dari hasil pemantauan tersebut, terlihat semua TPS dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) siap menggelar Pilwalkot.

Proses pemilihan dimulai pukul 07.00 WIB serentak di seluruh 2.921 TPS yang terdapat di 104 PPS. KPUD Provinsi Banten berharap seluruh masyarakat bisa menggunakan hak pilihnya dengan mencoblos di TPS masing–masing. Sebab, Pemilukada tersebut sangat menentukan untuk memilihi pemimpin Kota Tangerang selama lima tahun ke depan. “Pilihlah sesuai keyakinan diri sendiri. Pemilukada ini menentukan nasib pemimpin Kota Tangerang nantinya,” ucap Syaiful.

Kelima pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Tangerang untuk periode 2013 - 2018 tersebut adalah Harry Mulya Zein (Mantan Sekda Kota Tangerang) dan Iskandar Zulkarnain (Anggota DPRD Kota Tangerang). Pasangan nomor urut dua, yaitu Abdul Syukur (Anggota DPRD Provinsi Banten dan Adik Wali Kota Tangerang Wahidin Halim) dan Hilmi Fuad (Anggota DPRD Provinsi Banten).

Pasangan nomor urut tiga, yaitu TB Dedy ‘Miing’ Gumelar (Anggota DPR RI) dan Suratno Abubakar (Anggota DPRD Kota Tangerang). Pasangan nomor urut empat, yaitu Ahmad Marju Kodri (Dirut PDAM Tirta Benteng Kota Tangerang) dan Gatot Suprijanto (Mantan Kepala Dinas Pemuda, Olah Raga, Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tangerang). Serta pasangan nomor urut lima, yaitu Arief R Wismansyah (Wakil wali kota Tangerang) dan Sachrudin (Mantan Camat Pinang).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement