Sabtu 31 Aug 2013 08:08 WIB

Wow, Orang Belanda Sukai Kesenian Pantura Indramayu dan Cirebon

Tari topeng Cirebon
Foto: ANTARA FOTO/Teresia May
Tari topeng Cirebon

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Ketua Komisi I DPR RI Mahfudz Siddiq yang membidangi hubungan luar negeri mengatakan, kesenian tradisional daerah Pantura Kabupaten Cirebon dan Indramayu diminati di Belanda.

Apresiasi warga Belanda terhadap kesenian tradisional daerah Pantura Kabupaten Cirebon dan Indramayu, Jawa Barat cukup tinggi terlihat dari setiap diselenggarakan festival budaya Indonesia di Belanda, katanya kepada wartawan di Cirebon, Sabtu.

"Orang-orang Belanda sering minta pertunjukan tari topeng, dan kesenian lainnya," ucapnya.

Kesenian daerah Pantura Cirebon dan Indramayu memiliki nilai tinggi, kata dia, Eropa melirik tari topeng tetapi kondisi yang ada cukup memprihatinkan dimana kelompok seni diperdesaan semakin tergeser budaya luar.

Butuh perhatian Pemerintah Daerah terhadap pembinaan dan pengembangan seni budaya, selain memiliki nilai sejarah tinggi kesenian tradisional tersebut merupakan cara memperkuat jalinan silaturahmi.

Pihaknya menyambut baik rencana Pemerinta Provinsi Jawa Barat membangun gedung seni di Cirebon dan Indramayu untuk meningkatkan juga melestarikan kesenian tradisional tersebut.

Sementara itu Yono kelompok seni budaya lokal di Indramayu mengaku, perhatian pemerintah terhadap kelompok seni di perdeasaan masih rendah, padahal memiliki potensi dan diminati Eropa.

Selama ini kesempatan kelompok kesenian tradisional di Indramayu terbatas, kata dia, hanya dalam festival budaya sedangkan untuk menghibur warga Pantura mereka terbiasa menggelar organ tunggal.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement