Jumat 30 Aug 2013 10:45 WIB

Perjalanan Karier Panglima TNI Moeldoko

Rep: Esthi Maharani / Red: Citra Listya Rini
Pelantikan Panglima TNI Jenderal Moeldoko dan KASAD Letjen Budiman di Istana Negara, Jakarta, Jumat (30/8).
Foto: Republika/Esthi Maharani
Pelantikan Panglima TNI Jenderal Moeldoko dan KASAD Letjen Budiman di Istana Negara, Jakarta, Jumat (30/8).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jenderal TNI Moeldoko telah resmi menjabat sebagai Panglima TNI menggantikan Laksamana Agus Suhartono yang memasuki masa pensiun Agustus ini. Pelantikan Panglima TNI dilakukan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Istana Negara, Jumat (30/8). 

"Memutuskan, menetapkan, pertama, memberhentikan dengan hormat Laksamana Agus Suhartono dari jabatannya sebagai Panglima TNI disertai ucapan terima kasih atas pengabdian dan jasa-jasanya yang telah disumbangkan selama memangku jabatan tersebut. Kedua, mengangkat Jenderal TNI Moeldoko sebagai Panglima TNI," sebut keputusan Presiden SBY yang dibacakan sekretaris militer presiden. 

Keputusan Presiden SBY tersebut mulai berlaku sejak pelantikan. Keputusan tersebut ditetapkan di Jakarta pada 28 Agustus 2013. 

Jenderal TNI Moeldoko merupakan perwira penerima Bintang Adimakayasa sebagai lulusan terbaik Akabri tahun 1981. Lahir di Kediri, Jawa Timur, 8 Juli 1957. 

Menikah dengan Koesni Harningsih dan dikaruniai satu putra dan satu putrid yakni Randy Bimantoro dan Joanina Rachma. Perjalanan karier Jenderal Moeldoko diawali di Yonif Linud 700 Kodam VII/Wirabuana pada tahun 1981 sebagai Komandan Peleton. 

Pengalaman tugas operasi yaitu operasi seroja Tim-tim 1984 dan Konga garuda XI-A tahun 1995. Penugasan luar negeri ke Singapura, Jepang, Irak-Kuwait, Amerika Serikat, dan Kanada. 

Tugas belajar ke Selandia Baru Tahun 1983 dan 1987 Tanda kehormatan negara yang diraih berupa Satya Lencana Kesetiaan VII, XVI dan XXVI tahun, Satya Lencana Seroja, Tanda Jasa dari PBB, Satya Lencana Santi Dharma, Bintang Kartika Eka Paksi Nararya, Bintang Yudha Dharma Nararya, dan Bintang Kartika Eka Paksi Utama. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement