Kamis 29 Aug 2013 19:32 WIB

KPU: Partisipasi Warga Surabaya di Pilkada Jatim Rendah

Petugas KPU saat mengecek kelengkapan logistik Pilkada Jatim.
Foto: ANTARA FOTO
Petugas KPU saat mengecek kelengkapan logistik Pilkada Jatim.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya mengakui partisipasi warga Kota Pahlawan dalam Pilkada Jatim, Kamis (29/8), rendah.

"Evaluasi pemungutan suara, partispasinya masih rendah," kata Komisioner KPU Surabaya Edward Dewaruci di Surabaya, Kamis (29/8).

Menurut dia, rata-rata di tiap-tiap tempat pemungutan suara (TPS) yang terdapat 400-500 pemilih, namun yang ikut nyoblos hanya setengahnya atau sekitar 200 hingga 300 pemilih.

Edward membantah jika partisipasi rendah akibat kurangnya sosialisasi dari penyelenggara Pemilu atau KPU. Namun, lanjut dia, hal itu dikarenakan masyarakat apatis dan pragmatis terhadap Pilkada Jatim.

"Masyarakat kalau liburan pilkada lebih suka ke Kebun Binatang Surabaya (KBS). Lihat saja di KBS, pengungjungnya meningkat," katanya.

Secara keseluruhan, lanjut dia, pelaksanaan Pilkada Jatim kali ini berjalan lancar. Hingga saat ini belum ada laporan pelanggaran signifikan dalam Pilkada Jatim.

Anggota Panwaslu Surabaya Sardiyoko sebelumnya meengatakan tingkat partisipasi warga di Kota Pahlawan terhadap Pilkada Jatim rendah dikarenakan sosialisasi KPU kurang. "Rata-rata hampir di semua tempat pemungutan suara (TPS) hanya 50 persen warga yang menggunakan hak pilihnya," katanya.

Menurut dia, rendahnya tingkat partisiapsi masyarakat dikarenakan sosialisasi dari penyelenggara Pemilu dalam hal ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) Surabaya masih kurang maksimal.

"Kami telah mengunjungi salah satu TPS di Genting dan Tegalsari, dari 300 pemilih, ternyata yang menggunakan hak pilihnya rata-rata hanya sekitar 80 orang. Bahkan di dekat rumah dinas Gubernur Jatim hanya 40 persen," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement