Senin 26 Aug 2013 17:39 WIB

Pembunuhan Harimau di Kebun Bintang Jambi Dikecam

Harimau Sumatera
Harimau Sumatera

REPUBLIKA.CO.ID, JAMBI -- Ketua Forum Konservasi Harimau Sumatera, 'Harimau Kita', Dolly Pritana, mengecam aksi pembunuhan seekor harimau Sumatera dan dua ekor singa Afrika dengan cara diracun di Kebun Binatang Taman Rimba, Jambi.

"Kami mengecam keras aksi pembunuhan dengan cara meracuni hewan jenis harimau dan singa seperti yang terjadi di Jambi. Ini tindakan keji yang telah terjadi untuk kedua kalinya di Jambi. Hewan yang semestinya dilindungi justru dibunuh dengan cara keji," katanya saat dihubungi melalui ponsel, Senin.

Menurut dia, peristiwa ini menunjukkan ketidakseriusan pengelola kebun binatang Jambi dan instansi terkait dalam menjaga keamanan hewan-hewan titipan tersebut.

"Hewan-hewan itu merupakan titipan negara, pengelola kebun binatang harus menjaganya secara ekstra dan ketat. Atas kejadian ini, mereka harus bertanggungjawab penuh," katanya.

Pihaknya sudah berkoordinasi dengan instansi terkait di Jambi, dalam hal ini Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) untuk menyatakan sikap forum atas kejadian ini.

"Kami sudah layangkan surat kepada BKSDA Jambi untuk minta konfirmasi terkait kematian hewan itu. Kami juga berencana membuat pernyataan resmi yang ditujukan kepada pengelola Kebun Binatang, instansi terkait dan Pemerintah Provinsi Jambi," sebut dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement