Ahad 25 Aug 2013 17:51 WIB

KPK Akan Periksa Jero Wacik Pekan Ini

Rep: Bilal Ramadhan/ Red: Nidia Zuraya
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penyidikan kasus suap yang melibatkan Kepala SKK Migas nonaktif, Rudi Rubiandini terus dilakukan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Bahkan rencananya tim penyidik KPK akan melakukan pemeriksaan terhadap Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik pada pekan ini. "Ya, Insya Allah Jero Wacik akan diperiksa pekan depan," kata Ketua KPK Abraham Samad, Sabtu (25/8) malam.

Samad menambahkan Jero akan diperiksa untuk dikonfirmasikan terkait uang yang disita dari ruang kerja Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian EDSM, Waryono Karno beberapa waktu lalu. Jumlah uang yang disita dalam proses penggeledahan tersebut senilai 200 ribu dolar AS. "Utamanya untuk dimintai keterangan tentang uang yang ditemukan di ruang Sekjen kementerian ESDM," jelasnya.

Sementara itu, juru bicara KPK Johan Budi SP mengatakan belum mengetahui mengenai rencana pemanggilan terhadap Jero Wacik. Menurutnya mungkin saja ada pemeriksaan tersebut jika disebutkan Ketua KPK Abraham Samad.

Ia sendiri hanya mengetahui ada rencana pemeriksaan pada pekan ini terhadap Sekjen Kementerian ESDM, Waryono Karno terlebih dahulu. Pemeriksaan ini tentunya akan dikonfirmasikan terkait uang sebesar 200 ribu Dolar AS yang telah disita penyidik dari ruang kerjanya. “Setahu saya belum ada, belum ada surat panggilan. Yang mau dipanggil itu Sekjen ESDM, kalau itu sudah ada rencana, tapi kalau menterinya belum ada. Rencananya, pemanggilan Sekjen pekan depan, tapi belum tahu kapan persisnya.” tegas Johan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement