Ahad 25 Aug 2013 14:33 WIB

Rayakan Milad, FPI Konvoi Keliling Jakarta

Rep: Mg15/ Red: A.Syalaby Ichsan
Massa FPI konvoi keliling Jakarta
Foto: Republika/Mg15
Massa FPI konvoi keliling Jakarta

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Merayakan ulang tahun yang ke 15, Front Pembela Islam (FPI) menggelar konvoi keliling Jakarta pada Ahad (25/8) pagi. Ribuan anggota FPI terlihat sudah memadati Jalan KS Tubun hingga Petamburan sejak pagi.

Konvoi ini dimulai pada pukul 10 pagi dan diikuti oleh lebih dari 5.000 massa FPI. Sebelum konvoi berlangsung, massa terlebih dahulu menggelar sambutan, orasi dan ceramah oleh para tokoh FPI. 

Pantauan RoL, Ribuan massa tampak melakukan persiapan menjelang konvoi mengelilingi Jakarta. Tampak bendera-bendera bertuliskan kaligrafi Arab dan bendera FPI terpasang di berbagai kendaraan seperti motor, mobil hingga bis.

Penuhnya massa dan kendaraan membuat arus lalu lintas tersendat dan menyebabkan kemacetan. Jalan KS Tubun pun di tutup, sehingga jalan yang tadinya 2 jalur dan 2 arah menjadi 1 jalur dan 2 arah. 

Di perjalanan konvoi , ormas besar Islam yang sering menggunakan pakaian warna hijau ini, terlihat berbeda pada hari Ahad (25/8) ini.

Mayoritas massa FPI menggunakan pakaian warna putih. Sehingga ribuan massa FPI dengan berbagai atribut seperti bendera, kopiah dan sorban tampak memenuhi jalan sepanjang jalan Gatot Subroto hingga MT. Haryono dengan pakaian serba putih. 

Di barisan depan, tampak tokoh-tokoh FPI terus melakukan orasi di sepanjang jalan. Tumpah ruahnya massa FPI di jalanan ini, menarik perhatian masyarakat yang ingin menyaksikan konvoi.

Banyak dari mereka yang mengabadikan kejadian ini. Tidak sedikit dari para masyarakat yang melambaikan tangan ke arah konvoi, begitu juga sebaliknya. Bahkan beberapa masyarakat ikut bertakbir "Allahu Akbar" seperti yang massa FPI lakukan. 

Akibat konvoi ini, sejumlah ruas jalan di Jakarta juga terjadi kemacetan. Beberapa pengawal konvoi dan polisi terlihat menahan kendaraan yang akan keluar dari tol Slipi hingga Cililtan.

Di setiap persimpangan jalan tidak luput sekitar 2 hingga 3 orang polisi untuk menahan kendaraan yang akan memasuki arus konvoi.

Konvoi ormas Islam ini dimulai dari Jalan Petamiizburan III menuju arah Cawang, Kampung Melayu, Senen, Gunung Sahari, Harmoni, Tomang, S Parman ke arah Slipi dan kembali ke markas besar FPI yaitu di Jalan Petamburan III.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement