Sabtu 24 Aug 2013 17:23 WIB

Irman Gusman Ajak Parpol Lain Contoh Konvensi Demokrat

Rep: Amri Amrullah/ Red: Djibril Muhammad
Ketua DPD RI Irman Gusman
Foto: ist
Ketua DPD RI Irman Gusman

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Ketua DPD RI Irman Gusman mengapresiasi sistem konvensi calon presiden yang dilakukan Partai Demokrat. Sebab, kata dia, Partai Demokrat telah mengubah tradisi partai politik yang selama ini terkenal tertutup dari aspirasi pihak luar.

"Dengan konvensi ini Partai Demokrat telah melakukan terobosan menghilangkan oligarki politik yang sejak dulu menjadi catatan buruk di partai politik. Jadi adanya konvensi ini harus diapresiasi dan harus dicontoh partai lain," ujar Irman kepada rekan wartawan di kediamannya usai menerima Komite Konvensi Partai Demokrat, Sabtu (24/8).

Semoga langkah Konvensi ini dapat mengembalikan citra partai politik yang selama ini buruk citranya dimata publik. Oleh sebab itu, Irman menegaskan akan siap ikut Konvensi Partai Demokrat untuk memperbaiki citra partai politik yang selama ini oligarki.

Irman juga menolak berprasangka buruk terkait isu ketidaktransparanan dalam proses pemilihan nama-nama peserta Konvensi, yang dialamat ke Komite Konvensi. "Saya akan taat ikut proses ini, dan saya percayakan proses konvensi ini berjalan dengan baik," ujarnya.

Komite Konvensi Partai Demokrat, Didi Irawadi Syamsudin memastikan proses pemilihan nama-nama yang akan ikut konvensi calon presiden dari Partai Demokrat sudah melalui proses yang transparan dan masukan masyarakat berdasarkan dari survei yang dilakukan Partai Demokrat.

"Mereka yang terpilih pun merupakan orang-orang terbaik dengan melihat berbagai faktor ketokohan dan kiprahnya selama ini di nasional, termasuk pak Irman ini," kata anggota Komisi III DPR dari Fraksi Partai Demokrat ini usai menyerahkan surat undangan Konvensi Partai Demokrat ke Irman Gusman.

Semua nama-nama yang terpilih ini, lanjut dia, akan mendapatkan kesempatan yang sama mendapat undangan tatap muka sebagai pendalaman visi dan misi dan melalui proses marathon yang panjang untuk diseleksi mendapatkan yang terbaik.

Didi menjelaskan, sesuai dengan isi surat undangan, setelah proses tatap muka pendalaman visi dan misi, langkah selanjutnya bagi mereka yang diundang untuk ikut dalam konvensi, adalah menyiapkan visi dan misi itu dan menyerahkan ke tim Komite Konvensi Partai Demokrat selambat-lambatnya 6 September mendatang. Setelah itu tahapan pra konvensi akan diumumkan selanjutnya oleh Komite Konvensi Partai Demokrat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement